Irwan Febri Rialdi
Timnas Prancis U-20 saat tampil di Tournoi Maurice Revello alias Toulon Cup 2022. (Instagram/@tournoimrevello)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Timnas Prancis U-20 laga pertamanya di ajang Costa Calida Supercup yang berlangsung di Spanyol dalam waktu dekat.

Menurut jadwal, duel antara timnas Indonesia U-20 versus Prancis U-20 pada ajang Costa Calida Supercup ini bakal berlangsung pada 17 November 2022 pukul 18.00 waktu setempat.

Setelah melawan Prancis U-20, timnas Indonesia U-20 juga bakal menjajal kekuatan Slovakia U-20 pada ajang ini. Laga tersebut akan berlangsung pada 19 November 2022.

Selain Prancis U-20 dan Slovakia U-20, terdapat beberapa negara besar lainnya yang juga akan berpartisipasi di ajang Costa Calida Supercup.

Dikutip dari unggahan Pinatar Arena di Instagram, selain Timnas Indonesia U-20, Prancis, dan Slovakia, masih ada enam negara besar lainnya.

Enam negara besar ini antara lain Republik Ceko U-19 dan U-21, Spanyol U-19, Denmark U-19, Arab Saudi U-19, Jepang U-20, serta Norwegia U-21.

Melihat daftar pesertanya ini, bisa dikatakan Costa Calida Supercup adalah simulasi untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023 mendatang atau Piala Dunia mini.

Tentu saja, Prancis U-20 bakal menjadi lawan yang tangguh bagi skuad asuhan Shin Tae-yong. Ini bisa menjadi modal berharga lantaran timnas Indonesia U-20 akan menghadapi banyak ajang elite tahun depan.

Profil Prancis U-20

Timnas Prancis U-20 menjadi salah satu tim yang sering kali dikirim oleh Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) untuk mengikuti sejumlah ajang internasional.

Mereka biasanya bermain di ajang Piala Dunia U-20. Tim U-20 ini juga sering berpartisipasi pada ajang Turnamen Toulon yang juga digelar di Prancis.

Pada ajang Piala Dunia U-20, timnas Prancis U-20 sudah ikut ambil bagian sejak edisi yang pertama digulirkan pada 1977 di Tunisia. Saat itu, mereka tak mampu lolos dari fase penyisihan grup.

Mulai edisi 1979 hingga 1995, timnas Prancis U-20 tercatat absen pada ajang Piala Dunia U-20 karena gagal lolos dari fase kualifikasi. Mereka baru bisa berpartisipasi pada edisi 1997 yang saat itu bergulir di Malaysia.

Untuk edisi ini, Prancis U-20 sukses mencatatkan prestasi yang apik untuk kali pertama. Sebab, mereka berhasil melaju hingga fase perempat final.

Adapun prestasi terbaik yang pernah ditorehkan timnas Prancis U-20 di ajang Piala Dunia U-20 tercipta pada edisi 2013 yang ketika itu digelar di Turki.

Pada edisi ini, timnas Prancis U-20 sukses meraih gelar juara setelah menumbangkan Uruguay di partai final via adu penalti.

Saat itu, Prancis U-20 memang cukup diperhitungkan karena diperkuat banyak pemain generasi emas seperti Paul Pogba, Kurt Zouma, Jordan Veretout, Geoffrey Kondogbia, hingga Yaya Sanogo.

Untuk generasi yang terbaru ini, timnas Prancis U-20 memiliki sejumlah pemain yang cukup berkualitas. Sebab, beberapa di antaranya sudah berkarier di luar negeri.

Tercatat ada nama-nama seperti Lucas Gourna-Douath (RB Salzburg), Soumaila Coulibaly (Borussia Dortmund), Timothee Lo-Tutala (Hull City), hingga Abdoullah Ba (Sunderland).

Saat ini, timnas Prancis U-20 berada di bawah asuhan Landry Chauvin, pelatih lokal yang punya rekam jejak panjang menangani timnas Prancis di usia junior.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More