Irwan Febri Rialdi
Penjaga gawang Australia, Andrew Redmayne diserbu rekan-rekan satu timnya setelah lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Peru dalam adu penalti playoff antarbenua di Stadion Al Rayyan, Al Rayyan, Qatar, 13 Juni 2022. (REUTERS/MOHAMMED DABBOUS)

Bolatimes.com - Timnas Australia telah mengumumkan daftar skuad yang akan mereka bawa ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Tidak ada kejutan berarti dari 26 nama yang dipanggil.

Melalui situs resmi Federasi Sepak Bola Australia (AFC), Australia akan dipimpin oleh eks kiper Arsenal, Matthew David Ryan, atau lebih dikenal dengan Matt Ryan.

Dia merupakan pemain paling senior di skuad Australia untuk Piala Dunia 2022. Pemain yang membela FC Copenhagen itu kini sudah mengantongi 75 caps untuk Australia.

Mayoritas pemain yang dipanggil oleh pelatih Graham Arnold ke Piala Dunia 2022 ini merupakan mereka yang mentas di kompetisi Eropa.

Meski begitu, 17 pemain di antara yang dipanggil merupakan debutan di Piala Dunia, sedangkan 9 pemain lainnya sudah pernah merasakan atmosfer Piala Dunia.

Adapun, Australia lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Peru di babak play-off kualifikasi. Mereka mesti berjuang keras untuk menang 5-4 di babak adu penalti.

"Kami melewati kualifikasi yang unik dan sulit dan akhirnya kami sampai di Qatar dengan skuad yang menarik dan akan melakukan semua hal untuk membuat bangga Australia di kancah dunia," ujar Arnold dilansir situs resmi AFC.

"Selama empat tahun terakhir, ada 32 pemain yang melakoni debut untuk tim nasional. Saya ingin berterima kasih kepada para pemain yang sudah membantu selama perjalanan ini. Total kami telah memanggil 68 pemain selama fase kualifikasi dan semua berperan membawa kami sampai tahap ini," jelasnya.

Ini merupakan kali kelima secara beruntun Australia mentas di Piala Dunia dan mereka secara total sudah tampil 6 kali. Sejauh ini, capaian terbaik Australia adalah lolos ke 16 besar di Piala Dunia 2006.

Untuk meraih hasil lebih baik di Piala Dunia 2022, Australia telah mencoba mengkombinasikan pemain berpengalaman dan para pemain muda.

Tugas Australia akan langsung berat di Piala Dunia 2022 karena laga perdana mereka menghadapi juara bertahan Prancis pada 22 November 2022.

Berikut daftar resmi pemain Australia di Piala Dunia 2022:

Penjaga Gawang

Mathew Ryan (Copenhagen)

Andrew Redmayne (Sydney FC)

Danny Vukovic (Central Coast Mariners)

Pemain Belakang

Milos Degenek (Columbus Crew)

Fran Karai (Brescia)

Nathaniel Atkinson (Hearts)

Bailey Wright (Sunderland)

Aziz Behich (Dundee United)

Kye Rowles (Hearts)

Harry Souttar (Stoke City)

Joel King (OB Odense)

Thomas Deng (Albirex Niigata)

Gelandang

Ajdin Hrustic (Verona)

Aaron Mooy (Celtic)

Riley McGree (Middlesbrough)

Jackson Irvine (St. Pauli)

Keanu Baccus (St Mirren)

Cameron Devlin (Hearts)

Penyerang

Martin Boyle (Hibernian)

Mathew Leckie (Melbourne City)

Jamie Maclaren (Melbourne City)

Awer Mabil (Cadiz)

Mitchell Duke (Fagiano Okayama)

Craig Goodwin (Adelaide United)

Jason Cummings (Central Coast Mariners)

Garang Kuol (Central Coast Mariners). 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More