Irwan Febri Rialdi
Striker Brentford, Ivan Toney, merayakangol pembuka selama pertandingan putaran ketiga Piala Liga Inggris antara Brentford dan Gillingham di Brentford Community Stadium di London pada 8 November 2022. (Glyn Kirk/AFP)

Bolatimes.com - Bek timnas Indonesia, Elkan Baggott, sukses membuat striker timnas Inggris, Ivan Toney, tak berkutik saat keduanya berduel pada laga lanjutan Piala Liga Inggris 2022/2023.

Elkan Baggott yang tampil sejak menit awal bersama Gillingham FC harus mengawal ketat pergerakan Ivan Toney yang bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Inggris, Brentford.

Sepanjang pertandingan, penampilan Elkan Baggott sebetulnya cukup solid di sektor pertahanan. Bahkan, tim kasta keempat Liga Inggris ini hanya dibobol satu gol oleh Brentford pada laga ini.

Satu-satunya gol Brentford memang datang dari Ivan Toney sejak menit ketiga. Namun, Gillingham FC akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat gol Mikael Mandron (75’).

Ivan Toney yang digadang-gadang bakal menjadi salah satu pemain andalan timnas Inggris di Piala Dunia 2022 pun dibuat tak berdaya oleh Elkan Baggott.

Di sektor pertahanan, Baggott berduet dengan Wright. Dua pemain ini memaksa Toney hanya bisa mencetak satu tembakan tepat sasaran sepanjang laga.

Pada pertandingan ini, Gillingham FC akhirnya sukses menang untuk melaju ke babak 16 besar seusai menumbangkan Brentford via adu penalti dengan skor 5-6 setelah bermain imbang 1-1.

Profil Ivan Toney

Pemain bernama lengkap Ivan Benjamin Elijah Toney ini merupakan pesepak bola kelahiran Northampton, Inggris, pada 16 Maret 1996. Posisi bermainnya sebagai ujung tombak.

Saat masih muda, Ivan Toney menimba ilmu bersama Northampton Town, klub kota kelahirannya. Menariknya, dia sukses menciptakan rekor di klub tersebut.

Sebab, Toney menjadi pemain paling muda yang mampu mencatatkan penampilan bersama Northampton Town karena membuat debut pertama kali pada tahun 2012.

Sebelum memutuskan pindah ke Newcastle United, Ivan Toney sukses menjaringkan total 13 gol dari 60 pertandingan di seluruh kompetisi.

Selama bermain di Newcastle United, Ivan Toney tak terlalu banyak membuat prestasi. Sebab, dia hanya menghabiskan waktunya bersama klub lain dengan status pinjaman.

Tercatat, dia pernah dilepas ke Barnsley, Shrewsbury Town, Scunthrope United, hingga Wigan Athletic, sebelum akhirnya resmi merapat ke Peterborough United pada 2018.

Keputusan Ivan Toney menerima pinangan klub kasta kedua Liga Inggris, Brentford, menjadi titik balik bagi perjalanan kariernya. Sebab, di klub ini, dia sukses membawa timnya promosi ke kasta tertinggi.

Bahkan, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, juga memuji penampilannya dan membawa Toney ke skuad The Three Lions di ajang UEFA Nations League.

“Kami sudah memantau dia sejak lama. Saya sempat berbicara dengan Thomas tentang dirinya di musim lalu,” kata Southgate dikutip dari laman resmi timnas Inggris.

“Kualitas dan performanya, tidak hanya soal kemampuan mencetak gol, tetapi juga kemampuan teknis, cara membangun serangan, dan keunggulan udara, akan memberikan kami dimensi ancaman yang berbeda,” lanjutnya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More