Husna Rahmayunita
Trofi Piala Dunia. (foto; Shutterstock)

Bolatimes.com - Andai biasanya suatu negara hilang atau lenyap karena adanya peperangan atau pengambilalihan paksa, gelaran Piala Dunia juga bisa membuat hal sedemikian rupa.

Bagaimana bisa ajang Piala Dunia membuat sederet negara digdaya Eropa menghilang begitu saja usai mengukir catatan bermain di turnamen ini.

Begitulah yang dialami setidaknya lima negara populer Eropa di zaman dahulu. Setelah bermain di Piala Dunia sederet negara tersebut lenyap.

Akibatnya negara-negara yang sebelumnya merupakan langganan Piala Dunia ini sudah tak lagi bisa berpartisipasi di periode selanjutnya.

Lantas negara mana saja yang dimaksud? berikut 5 negara yang lenyap dan hilang usai mengikuti Piala Dunia.

1. Jerman Barat

Bagaimana tidak jadi langganan, Jerman Barat sudah mengoleksi 12 edisi tampil di Piala Dunia dan bahkan tiga kali merengkuh gelar juara.

Di antaranya tahun 1954, 1974 dan 1990 sebelum reunifikasi blok Barat dan Timur lewat dijebolnya tembok Berlin hingga membuat negara ini lenyap.

2. Uni Soviet

Uni Soviet mengoleks tujuh edisi Piala Dunia selama keikutsertaan mereka di ajang ini, meskipun tak satupun berbuah gelar juara.

Sejak 1992, Uni Soviet terpecah menjadi 15 wilayah termasuk beberapa di antaranya seperti Rusia, Ukraina, Belarusia dan Armenia.

3. Cekoslovakia

Bisa dibilang Cekoslovakia merupakan salah satu kekuatan Eropa di Piala Dunia, hal itu terbukti dengan torehan runner-up di tahun 1938 dan 1962.

Sebelum negara ini terpecah karena perang, menjadi dua bagian di tahun 1993 yakni Republik Ceko dan Slovakia dan dua-duanya juga memiliki tim nasional masing-masing.

4. Yugoslavia

Yugoslavia menorehkan delapan kali edisi Piala Dunia, bahkan dua di antaranya mampu mencapai partai semifinal.

Perang saudara di tahun 1992 membuat banyak wilayah di negara ini yang memutuskan memerdekakan diri sendiri. Buntutnya sejak 2003 tak ada lagi nama Yugoslavia di dunia sepak bola.

5. Hindia Belanda

Meski hanya berparsitipasi sekali di tahun 1938, Hinda Belanda yang menjadi cikal bakal Indonesia menjadi negara Asia pertama yang bermain di Piala Dunia.

Hindia Belanda maju ke putaran final Piala Dunia 1938 usai Jepang menolak tampil, meskipun harus tersisih prematur usai kalah dari Hungaria dengan skor 0-6.

Kontributor: Eko
Load More