Husna Rahmayunita
Richarlison (kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya di timnas Brasil setelah cetak gol lawan Peru di pertandingan Copa America 2021 di Nilton Santos Stadium, Rio de Janeiro, Brasil pada 18 Juni 2021.ANTARA/AFP/CARL DE SOUZA

Bolatimes.com - Sebanyak 26 pemain dipanggil Tite memperkuat Timnas Brasil untuk berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar, tiga di antaranya berasal dari klub lokal setempat.

Sederet nama mayoritas yang dipanggil berkarier di kancah Eropa, termasuk Neymar, Ederson Moraes dan satu nama kontroversial, Richarlison.

Terlepas dari itu, tiga nama menarik dari kompetisi dalam negeri tentu membuat wajah kompetisi sepak bola Brasil sedikit terselamatkan.

Tim Samba memboyong tiga pemain dari kompetisi lokal, dua pemain dari Flamengo dan satu lainnya dari Palmerias.

Dua pemain Flamengo, Everton Ribero dan Pedro Guilherme serta satu pemain Palmeiras Wewerton, kiper berusia 34 tahun yang tampil trengginas di Olimpiade 2020 Tokyo.

Berikut tiga pemain klub lokal yang masuk skuad Timnas Brasil di Piala Dunia 2022:

1. Everton Ribeiro (Flamengo)

Namanya sudah tak asing bagi kancah sepak bola Brasil, bahkan delapan tahun yang lalu sosoknya nyaris digaet Manchester United.

Usianya saat ini sudah 33 tahun, namun performa pemain berposisi sebagai gelandang ini masih yang terbaik yang dimiliki Flamengo.

Kualitasnya membawa Flamengo tetap bersaing di lima besar klasemen Liga Brasil, dengan persaingan perolehan poin yang sangat ketat.

Dahulu, selain menjadi incaran Man United sosoknya juga sempat menarik minat raksasa Italia asal Turin, Juventus.

2. Pedro Guilherme (Flamengo)

Striker Flamengo Brasil, Pedro, berpose setelah memenangkan final Copa Libertadores antara Flamengo vs Athletico Paranaense di Stadion Monumental Isidro Romero Carbo di Guayaquil, Ekuador, pada 29 Oktober 2022. (Luis Acosta/AFP).

Baru mengoleksi dua caps untuk timnas Brasil, namun Pedro Guilherme sukses menyingkirkan nama-nama top lain termasuk Roberto Firmino.

Usianya masih 25 tahun, Pedro merupakan penyerang andalan Flamengo yang sudah mencetak 29 gol dan 10 assist dari 59 penampilan di semua kompetisi.

Penampilan ciamiknya juga berhasil memabwa Flamengo keluar sebagai juara Copa Libertadores dan Piala Liga Brasil.

Tak heran banyak pihak yang menanti bagaimana performa Pedro di Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar dua pekan dari sekarang.

3. Weverton (Palmeiras)

Usianya sudah mendekati kepala empat, namun performa Weverton di mistar gawang Palmeiras masih terbukti yang terbaik.

Weverton bahkan berhasil membawa Palmeiras bertengger di puncak klasemen Liga Brasil dengan torehan 78 poin dari 36 pertandingan.

Kualitasnya pun bakal menjadi andalan Tite di Piala Dunia 2022, sekaligus menyelamatkan wajah klub nomor satu Brasil saat ini.

Palmeiras hanya menyumbang satu pemain ke timnas Brasil untuk Piala Dunia, padahal Flamengo yang berada di peringkat kelima klasemen memberi dua pemainnya.

Kontributor: Eko
Load More