Irwan Febri Rialdi
Pemain depan Atletico Madrid asal Brasil Matheus Cunha bereaksi selama pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Sevilla FC dan Club Atletico de Madrid di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville pada 1 Oktober 2022. CRISTINA QUICLER / AFP

Bolatimes.com - Matheus Cunha harus menelan kecewa karena tak bisa berangkat ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Dia tidak masuk kedalam daftar skuad Timnas Brasil.

Timnas Brasil telah mengumumkan daftar 26 nama pemain yang akan dibawa ke Qatar. Dari nama-nama yang dipanggil, sejumlah pemain beken yang merumput di Eropa ditepikan.

Saat pengumuman skuad diberitakan, Cunha nampak murung meratapi nasib dirinya tak diikutsertakan oleh pelatih Tite kedalam skuad Selecao.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter Goleada de Zoeira, terlihat Cunha berdiri di luar rumahnya dekat jendela sambil melihat ke arah dalam rumahnya. 

Ekspresi kekecewaan ini bisa diwajarkan karena para pesepakbola tentu saja ingin bisa berpartisipasi membela negaranya di Piala Dunia.

Sebetulnya bukan cuma Cunha, sebagai pemain bintang Eropa, yang tak dipanggil ke dalam skuad Brasil. Roberto Firmino (Liverpool) dan Gabriel Maghaeles, juga tidak dipanggil.

Lantas, siapa sebetulnya Matheus Cunha ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Matheus Cunha

Sosok dengan nama lengkap Matheus Santos Carneiro Cunha ini lahir di Joao Pessoa, ParaĆ­ba, Brasil pada 27 Mei 1999. Dia justru lebih dulu mengenal futsal saat masih bocah.

Dia bahkan sempat bermain di salah satu klub futsal di daerah Recife, Brasil. Dia lalu pindah haluan ke sepak bola dan masuk akademi Coritiba.

Setelah sekian lama menimba ilmu di sana, Cunha memulai karier profesionalnya di klub Swiss, FC Sion, pada 2017. Setelah satu musim di sana dengan mencetak 10 gol dari 32 laga, Cunha mencuri perhatian klub Eropa lainnya.

Cunha lantas diboyong oleh RB Leipzig pada musim 2018/19 dan langsung menjanjikan dengan mencetak 9 gol dari 39 laga di musim perdana.

Musim 2019/20 berjalan setengah musim, Cunha pindah ke Hertha Berlin. Di sana, dia cukup menjanjikan, meski tak bisa dibilang fantastis.

Cunha total cuma mencetak 13 gol dari 40 pertandingan buat Hertha sebelum diboyong oleh Atletico Madrid pada musim 2021/22 dengan durasi kontrak 5 musim.

Pada musim perdananya di Atletico, Cunha mencetak 7 gol dari 37 laga. Tapi di musim ini, dia belum mencetak satupun gol dari 16 pertandingan.

Di level tim nasional, Matheus Cunha merupakan bagian skuad Timnas Brasil U-23 yang menjuarai Turnamen Toulon 2019 dan meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara di level timnas senior, Cunha sudah mengantongi 8 caps dengan tanpa menyumbang gol.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More