Husna Rahmayunita
Selebrasi Roberto Firmino usai mencetak gol kemenangan Liverpool atas Monterrey dengan skor 2-1. (KARIM JAAFAR / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Brasil di bawah komando Tite memutuskan untuk tidak memanggil Roberto Firmino di Piala Dunia 2022. Keputusan ini mendapat banyak sorotan.

Skuad resmi Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2022 diumumkan pada Senin (7/11/2022) terdapat 26 pemain yang dipanggil Tite selaku pelatih.

Selain Roberto Firmino, Tite juga tidak menyertakan bek Arsenal, Gabriel Magalhaes dan hal ini memantik respons cukup keras.

Roberto Firmino yang jelas-jelas memiliki penampilan lebih baik di musim ini bersama Liverpool kalah saing dengan Richarlison.

Striker Liverpool sudah mengoleksi 12 laga dengan catatan enam gol dan tiga assist, sementara Richarlison 9 kali bermnain tanpa mencetak gol.

Bahkan striker Tottenham Hotspur itu hanya mampu menyumbang 2 assist untuk klub London Utara itu, statistik Firmino jelas lebih baik darinya.

Saking banyak yang membincangkan hal ini, nama Firmino sampai menjadi salah satu trending topic di platform Twitter dengan nyaris ratusan ribu Tweet.

Selain Richarlison, Tite lebih memilih memanggil 8 pemain berposisi sebagai penyerang dan mengesampingkan nama Firmino.

Di antaranya Vinicius Junior, Rodrygo, Pedro, Antony, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Raphinha dan hanya Neymar yang tak mencolok perhatian.

Brasil dinilai terlalu berani dengan sederet penyerang sayap yang mereka miliki, serta membiarkan poisisi tengah kepada pemain yang baru saja 'lahir'.

Sosok tersebut adalah Pedro Guilherme, pemain yang moncer di kompetisi lokal tetapi baru mengemas dua caps untuk Tim Sambar.

Profil Roberto Firmino

Nama Lengkap: Roberto Firmino Barbosa de Oliveira
Tempat Lahir: Maceio, Brasil
Tanggal Lahir: 2 Oktober 1991 (31 Tahun)
Kebangsaan: Brasil
Klub: Liverpool
Posisi: Penyerang
No Punggung: 9
Tinggi: 181 cm

Karier Klub

2010 (Figueirense U-17 0 Figueirense FC)
2010 (Figueirense FC - Tombense)
2010 (Tombense - Figueirense FC)
2010 (Figueirense FC - Tombense)
2011 (Tombense - TSG Hoffenheim)
2015 (TSG Hoffenheim - Liverpool)

Kontributor: Eko
Load More