Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan semangat untuk Paulo Bento selaku nakhoda Korea Selatan di Piala Dunia 2022 yang tengah 'galau' usai Son Heung-min terancam absen karena cedera.

Son Heung-min menderita patah tulang di sekitar matanya ketika bertanding untuk Tottenham Hotspur di Liga Champions 2022/2023 pada 2 November 2022. Pemain 30 tahun itu lalu mendapatkan tindakan operasi pada 4 November 2022.

Situasi ini membuat Shin Tae-yong turut berkomentar. Ia percaya Pelatih Korea Selatan Paulo Bento telah menyiapkan antisipasi jika Son Heung-min tidak bisa bermain.

Shin Tae-yong tampak berlatih fisik dengan berlari di salah satu lokasi latihan. (Twitter/@PorosHalangID)

"Paulo Bento pasti sudah memikirkan yang terburuk," kata Shin Tae-yong dilansir dari media Korea Selatan, Hankook Ilbo, Selasa (8/11/2022).

"Jika Son Heung-min tidak dapat bermain, Korea Selatan membutuhkan motivasi untuk menyatukan tim," terang Shin Tae-yong.

Son Heung-min adalah pemain berpengaruh di Korea Selatan. Ia pernah terlibat dalam Piala Dunia 2014 dan 2018.

Pemain Tottenham Son Heung-Min (kedua kiri) meninggalkan lapangan setelah mengalami cedera dalam pertandingan Liga Champions lawan Marseille di Velodrome Stadium pada 2 November 2022. ANTARA/AFP/CHRISTOPHE SIMON

Tentu saja pengalamannya sangat dibutuhkan tim nasional. Total, sang pemain telah mencatatkan 104 penampilan serta 35 gol di tim nasional Korea Selatan.

Shin Tae-yong menceritakan pernah ada dalam situasi Paulo Bento saat Piala Dunia 2018. Sejumlah pemain Korea Selatan gagal bermain di Piala Dunia 2018 karena cedera seperti Kim Min-jae.

"Karena para pemain terus cedera, saya harus menyiapkan rencana A, B, hingga C. Namun, bukan berarti kami berhenti bermain. Pelatih harus memikirkan bagaimana meningkatkan moral dan kepercayaan diri para pemain," pungkasnya.

Load More