Husna Rahmayunita
Pemain AS Trencin Witan cetak gol ke gawang Liptovsky Mikulas di Liga Slovakia, Sabtu (5/11/2022). (YouTube/AS Trencin)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, kembali mencatatkan kiprah impresif bersama klub Slovakia, AS Trencin, saat bertanding melawan Liptovsky Mikulas.

Pada pertandingan lanjutan Liga Slovakia 2022/2023 yang berlangsung Sabtu (5/11/2022), Witan Sulaeman sukses mencetak gol untuk menghindarkan AS Trencin dari kekalahan.

Awalnya, Liptovsky Mikulas sempat unggul terlebih dahulu ketika mencetak gol pada menit ke-67 via aksi Erik Jendrisek. Namun, Witan Sulaeman sukses menyamakan skor lewat golnya pada menit ke-83.

Gol yang dicetak Witan Sulaeman ini bermula dari akselerasinya ke jantung pertahanan Liptovsky Mikulas ketika para pemain AS Trencin berupaya melakukan tusukan.

Saat itu, Samuel Kozlovsky sukses menerima umpan terobosan di sisi kiri, lalu mengirimkan umpan silang kepada Witan Sulaeman yang sudah berada di depan gawang.

Witan pun tak kesulitan untuk meneruskan umpan silang tersebut menjadi gol. Dengan gol ini, pemain asal Palu ini sukses menghindarkan timnya, AS Trencin, dari kekalahan.

Dengan tambahan satu poin ini, AS Trencin masih tertahan di peringkat keenam klasemen sementara Liga Slovakia 2022/2023 dengan koleksi 20 poin dari 17 laga.

Profil Liptovsky Mikulas

Sebagai informasi, klub yang memiliki nama lengkap MFK Tatran Liptovsky Mikulas ini merupakan klub sepak bola asal Slovakia yang berbasis di kota Liptovsky Mikulas.

Klub ini telah dibangun sejak 22 Juni 1934 mengikuti langkah yang diambil oleh sejumlah kotamadya di sekitarnya, yakni Liptovsk dan Okaclicne.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh banyak penikmat sepak bola dari masyarakat dan Jan Davecka menjadi sosok yang mendeklarasikan secara resmi berdirinya klub sepak bola tersebut.

Pemimpin pertama yang terpilih saat itu ialah JUDr. Sterllinger, yang menyumbangkan dari properti pribadinya sendiri berupa padang rumput untuk membuat lapangan bola.

Lapangan ini kemudian bertahan menjadi kandang Liptovsky Mikulas hingga medio 1972-an. Sementara itu, laga pertama yang dimainkan klub ini terjadi pada 15 Juli 1934.

Ketika itu, mereka menghadapi laga persahabatan melawan K Smrecany. Hasilnya, laga berakhir dengan skor 8-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Secara prestasi, Liptovsky Mikulas sebetulnya tak memiliki rekam jejak yang mentereng di kompetisi domestik. Sebab, mereka hanya tercatat memenangkan ajang Slovakia Second Division 2020/2021 untuk promosi ke kasta tertinggi.

Sementara itu, mereka juga pernah menjuarai Slovak Third Division pada 2006 untuk promosi ke kasta kedua. Selain dua kompetisi ini, mereka pernah menembus perempat final Piala Slovakia 2017/2018.

Selebihnya, tak ada rekam jejak mentereng yang mampu dicatatkan klub ini. Pada musim lalu saja, hasil yang diraih juga membuktikan bahwa klub ini semenjana.

Pada Liga Slovakia 2021/2022, Liptovsky Mikulas hanya mampu mengakhiri persaingan di peringkat ke delapan klasemen akhir dengan koleksi 40 poin dari 32 laga.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More