Husna Rahmayunita
Rodrigo De Paul tampil apik di lini tengah Argetina di gelaran Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Bolatimes.com - Ada peran besar Rodrigo De Paul di balik performa luar biasa Lionel Messi bersama Timnas Argentina. Rordigo De Paul merupakan pelindung sang dewa dari Rosario.

Meski sudah tergerus usia, performa Lionel Messi tetap berada dalam potensi terbaiknya saat bermain untuk Timnas Argentina.

Tak hanya sebagai pencetak gol terbanyak, Lionel Messi juga tercatat sebagai pemberi assist terbanyak di skuad Albiceleste.

Gacornya Lionel Messi di Timnas Argentina ini juga tak lepas dari performa luar biasa rekan setimnya, salah satunya Rodrigo De Paul.

Nama De Paul tengah naik daun seiring kesuksesan timnas Argentina meraih gelar juara Copa America 2021, meski klub yang dibelanya sedang krisis.

Gelandang Atletico Madrid ini memberi kenyamanan La Pulga dalam berkreasi, pelindung saat melakukan penyerangan maupun bertahan.

Tak heran banyak yang menyebutnya sebagai pelindung Lionel Messi, jenderal lapangan tengah yang bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan maupun gelandang serang.

Usianya masih 27 tahun, pria kelahiran Buenos Aires lahir dari seorang ibu bernama Monica De Paul dan memiliki dua saudara, Darmian De Paul dan Guido De Paul.

Mengawali karier sebagai pesepak bola sejak usianya 8 tahun, saat itu ia bergabung dengan akademi Racing Club medio 2002-2012.

Memasuki 2013, De Paul masuk dalam jajaran pemain senior dan memberi penampilan luar biasa di sana dengan catatan 70 pertandingan dan 7 gol serta 7 assist.

Hingga pada 2014, bakatnya tercium sampai Liga Spanyol dan membuat Valencia berani merekrutnya, De Paul pun bermarkas di Mestalla selama dua musim.

Menorehkan 44 penampilan dan menyumbang 2 gol serta 4 assist, sebelum dipinjamkan ke Racing Club pada 2016 dan dipermanenkan Udinese.

Di tengah perjalanannya bersama Udinese yang saat itu mengontraknya selama 5 musim, De Paul mendapat panggilan dari timnas Argentina pada 2018.

Perlahan namun pasti, De Paul mendapat posisi di skuad utama dan hingga kini belum tergantikan dengan pemain lain.

Bersama Udinese, De Paul menorehkan 184 kali penampilan sukses menyumbang 34 gol dan 36 assist dan sang pemain pun mencapai puncak pada 2021.

De Paul sukses menjadi pemain kunci timnas Argentina yang meraih gelar juara Copa America 2021, duetnya bersama Leandro Paredes mengantarkan namanya di papan team of the tournament.

Kini De Paul masih harus membuktikan kualitasnya di level klub, pasalnya tim yang dibela saat ini tengah dalam kondisi krisis.

Atletico Madrid tengah berjuang keras baik di kompetisi dalam negeri maupun internasional, El Pollo pun santer dikabarkan berada di pintu keluar klub.

Profil Rodrigo De Paul

Nama Lengkap: Rodrigo Javier De Paul
Tanggal lahir / Umur: 24 Mei 1994 (28)
Tempat kelahiran: Argentina,Sarandí
Kewarganegaraan: Argentina
Tinggi: 1,80 m
Posisi: Gel. Tengah
Pemain Interasional saat ini: Argentina
Jumlah penampilan / Gol: 43 / 2

Karier Klub

2002 (Racing Club U-20 - Racing Club)
2014 (Racing Club - Valencia)
2016 (Valencia - Racing Club)
2016 (Racing Club - Valencia)
2016 (Valencia - Udinese Calcio)
2021 (Udinese Calcio - Atletico Madrid)

Kontributor: Eko
Load More