Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Korea Selatan, Cho Yu-min, merayakan kemenangan timnya saat memperebutkan medali emas melawan Jepang di Asian Games 2018 di Stadion Pakansari Bogor pada 1 September 2018. (MAHYUDDIN / AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Cho Yu-min, pesepak bola asal Korea Selatan yang menunda pernikahannya dengan eks idol T-ara, Soyeon, demi fokus Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 tinggal hitungan hari saja. Tak hanya pecinta sepak bola, para pemain pun mulai mengarahkan matanya ke ajang ini.

Para pemain mulai mempersiapkan diri jika dirinya dipanggil untuk membela negaranya pada ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Bahkan saking fokusnya mempersiapkan diri, beberapa di antaranya membuat keputusan di luar nalar, salah satunya membatalkan pernikahan.

Hal ini dilakukan oleh pesepak bola asal Korea Selatan, Cho Yu-min, yang memilih menunda pernikahannya dengan mantan member T-ara, Soyeon, demi Piala Dunia 2022.

Cho Yu-min memilih menunda pernikahannya itu setelah dirinya terpilih dalam daftar skuad Timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sejatinya, keduanya akan melangsungkan resepsi pernikahan pada pertengahan November 2022 ini. Hanya saja, rencana ini buyar seketika karena pemanggilan Cho Yu-min tersebut.

Karena pemanggilan ini, Cho Yu-min pun mulai disibukkan dengan pelatihan untuk Piala Dunia 2022, dan harus menunda pesta pernikahannya dengan Soyeon.

Keputusan itu pun membuat geger pecinta sepak bola dan pecinta K-Pop sendiri, sehingga banyak yang mencari tahu sosok Cho Yu-min.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil Cho Yu-min.

Pernah Main di Indonesia

Cho Yu-min merupakan pesepak bola asal Korea Selatan yang berposisi sebagai bek tengah. Ia sendiri lahir pada 17 November 1996 silam.

Karier sepak bolanya sendiri bermula di tim sekolah bernama School Team SK. Namun pada 2012, ia bergabung akademi tim papan atas Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai U-18.

Namun di Jeonbuk Hyundai, Cho Yu-min tak bertahan lama. Pada tahun yang sama, ia kemudian bergabung Cheongju Daeseong High School dan berlanjut ke tim kampus Chung-Ang University hingga 2017.

Setelah bermain di level kampus, Cho Yu-min kemudian menjajaki karier profesionalnya bersama Suwon FC, di mana ia bergabung pada Januari 2018.

Total tiga tahun dihabiskannya bersama Suwon FC dengan mencatatkan 116 penampilan di berbagai ajang dan berhasil mencetak 10 gol.

Penampilan apiknya bersama Suwon FC membuat Daejeon Hana Citizens FC pun menebusnya dari Suwon FC pada Januari 2022 lalu.

Hingga November ini, ia telah mencatatkan 35 penampilan dengan sumbangan tujuh gol, yang merupakan salah satu catatan apik bagi seorang bek tengah.

Tak ayal pemain berusia 25 tahun ini pun mendapat panggilan ke Timnas Korea Selatan arahan Paulo Bento. Pemanggilan pertamanya didapat pada Juli 2022 lalu.

Sejak saat itu, Cho Yu-min telah mencatatkan tiga penampilan bagi Korea Selatan dan diyakini akan bertambah seiring masuknya namanya ke skuad Piala Dunia 2022.

Sebelum tampil di Timnas Korea Selatan, Cho Yu-min sudah membela Taeguk Warriors di level U-23, di mana ia tampil di Indonesia pada ajang Asian Games 2018 silam.

Bersama Son Heung-min dan bek anyar Napoli, Kim Min-jae, Cho Yu-min mampu membawa Korea Selatan meraih medali emas Asian Games 2018 cabang olahraga sepak bola.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More