Irwan Febri Rialdi
Gelandang Arsenal Granit Xhaka merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan Liga Europa antara Arsenal dan PSV Eindhoven di Stadion Emirates di London pada 20 Oktober 2022. ANTARA/AFP/ADRIAN DENNIS.

Bolatimes.com - Hasil lengkap Liga Europa Grup A-D, Arsenal dan Fenerbahce berhasil lolos otomatis ke babak 16 besar, menyusul Real Betis dan Union Saint-Gilloise serta empat juara grup lainnya, setelah menang dalam pertandingan terakhir fase grup mereka, Jumat dini hari WIB.

PSV Eindhoven, Rennes, AS Roma dan Union Berlin menyusul empat tim lainnya menjajal dahulu tim-tim peringkat tiga fase grup Liga Champions dalam laga playoff dua leg sebelum bisa lolos ke 16 besar kompetisi level dua Eropa itu.

Sebaliknya, Bodo/Glimt, AEK Larnacea, Ludogerets dan Braga menyusul empat tim peringkat tiga lainnya mencari peruntungan dalam playoff 16 besar Liga Conference Europa.

Kepastian ini diperoleh setelah 32 tim menyelesaikan fase grup Liga Europa, dan berikut hasil pertandingan terakhir Grup A sampai Grup D Liga Europa yang berlangsung Jumat dini hari WIB, mengutip data ESPN.

GRUP A
Arsenal 1, FC Zurich 0
Gol semata wayang Kieran Tierney pada menit 17 sudah cukup memastikan Arsenal menjuarai grup ini dan menggenggam tiket otomatis 16 besar dengan mengemas 15 poin.

Bodo/Glim 1, PSV Eindhoven 2
Gol bunuh diri Alfons Sampsted pada menit 35 yang digandakan Johan Bakayako pada menit ke-52 mengantarkan PSV finis urutan kedua dengan 13 poin. Nino Zugelj memperkecil kekalahan tim tuan rumah pada menit 90+3.
PSV berhak mendapatkan tiket playoff 16 besar, sedangkan Bodo terlempar ke Liga Conference Europa.

GRUP B
Dynamo Kyiv 0, Fenerbache 2
Dua gol dari Arda Guler menit pada menit 23 dan Willian Arao pada menit 45+2, membuat tim tamu menundukkan Kyiv tapi finis di puncak klasemen Grup B dengan 14 poin sehingga berhak lolos otomatis ke 16 besar.

Rennes 1, AEK Larnaca 1
Rennes akhirnya harus puas pada urutan kedua dengan 12 poin atau tiket playoff 16 besar, setelah gol Matthis Abline pada menit 17 disamakan Larnaco dari gol Rafael Lopes pada menit 76.
Larnaca sendiri melanjutkan petualangannya di Liga Conference Europa.

GRUP C
AS Roma 3, Ludogorets Razgrad 1
Rick membawa Ludogorets unggul lebih dulu pada menit 41 namun pada menit 56 disamakan Lorenzo Pellegrini.
Pellegrini balik membawa Roma unggul dari penalti sebelum Nicoli Zaniolo mencetak gol ketiga tuan rumah pada menit 85.
Roma ke playoff 16 besar, sedangkan Ludogorets terlempar ke Liga Conference

Real Betis 3, HJK Helsinki 0
Sebelum laga ini Betis sudah memastikan lolos sebagai juara grup. Dan laga terakhir ini memperpanjang catatan kemenangan Betis menjadi lima berkat golAitor Ruibal pada menit 20 dan 40, dan gol Nabil Fekir pada menit 90+2.

GRUP D
Braga 2, Malmo 1
Ricardo Horta dan Alvaro Djalo sudah membawa Braga unggul 2-0 sejak menit 55, namun Patriot Sejdiu memperkecil kekalahan tim tamu pada menit 77.
Kemenangan hanya membuat Braga mendapatkan tiket playoff 16 besar Liga Conference karena dalam waktu bersamaan Union Berlin menang atas pemuncak klasemen

Union St-Gilloise 0, Union Berlin 1
Gol Sven Michel pada menit 6 membawa Berlin menang, tapi sama sekali tak mengubah posisi
St-Gilloise yang sebelum laga ini pun sudah memastikan lolos dengan status juara grup.
Tetapi kemenangan ini membuat Berlin mendapatkan tiket playoff 16 besar Liga Europa.

(Antara)

Load More