Irwan Febri Rialdi
Trofi Liga Europa ditampilkan saat undian babak 32 besar Liga Europa di Nyon Swiss pada 17 Desember 2018 (Fabrice Coffrini/AFP)

Bolatimes.com - Liga Europa 2022-2023 memasuki babak 16 besar, selain para kontestan menilik aturan tambahan yang dibebankan membuat turnamen ini semakin menarik diikuti.

Otak-atik aturan menjadi trik UEFA membuat kompetisi kasta kedua sepak bola benua biru ini menjadi lebih menarik dinantikan.

Di musim 2022-2023, kontestan yang lolos ke babak 16 besar setelah melewati fase babak penyisihan grup tidak begitu saja bisa melenggang.

Karena ada 8 tim tambahan yang turun kasta dari Liga Champions, tim-tim yang berstatus sebagai runner-up grup bakal jadi lawan mereka.

Musim ini hanya 8 tim saja yang bisa langsung lolos ke fase gugur dan para runner-up akan menjalani partai play-off melawan tim dari UCL.

Kondisi ini memang cukup menyulitkan tim-tim runner-up, mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi berstatus tim-tim besar.

Setelah melakoni partai play-off, barulah Liga Europa musim ini memasuki babak 16 besar, untuk kemudian menuju perempat final, semifinal dan final.

Sebelum itu, drawing lebih dulu akan dilakukan demi menentukan siapa saja yang bakal bertemu di laga play-off, berikut skema menuju babak 16 besar Liga Europa.

Juara grup: 8 tim langsung ke babak 16 besar
Runner-up grup: 8 tim ke knockout play-off
Peringkat tiga UCL: 8 tim bertanding di knockout play-off

Sementara itu empat tim sudah dipastikan mejadi juara grup, di antaranya Real Betis (Grup C), Union Saint-Gilloise (Grup D), SC Freiburg (Grup G) dan Ferencvaros (Grup H)

Masih ada empat tiket lain yang diperebutkan untuk otomatis melaju ke babak 16 besar Liga Europa, masing-masing di laga berikut ini.

Grup A: Arsenal atau PSV
Grup B: Fenerbahce atau Rennes
Grup E: Real Betis atau Man United
Grup F: Lazio, Sturm Graz, Feyenord, atau Midtjylland

Berikut peta persaingan setiap grup dalam perebutan juara atau runner-up yang harus lanjut ke knockout play-off.

Grup A: Arsenal atau PSV
Grup B: Fenerbahce atau Rennes
Grup C: Ludogorets atau AS Roma
Grup D: Union Berlin atau Braga
Grup E: Real Betis atau Man United
Grup F: Lazio, Sturm Graz, Feyenord, atau Midtjylland
Grup G: Qarabag atau Nantes
Grup H: AS Monaco, Trabzonspor, atau Red Star Belgrade

Berikut 8 tim peringkat ketiga fase grup Liga Champions yang bakal meramaikan Liga Europa lewat jalur play-off lebih dulu.

Ajax Amsterdam
Bayer Leverkusen
Barcelona
Sporting
Salzburg
Shakhtar Donetsk
Sevilla
Juventus

Kontributor: Eko
Load More