Husna Rahmayunita
Ekspresi para penggawa Timnas Jerman usai membantai Estonia dengan skor 8-0 pada lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020, Rabu (12/6/2019) dini hari tadi. [Daniel ROLAND / AFP]

Bolatimes.com - Berikut jadwal grup E Piala Dunia 2022 yang berisikan negara-negara kuat, yakni Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Tak lengkap rasanya jika turnamen sekelas Piala Dunia 2022 tak menghadirkan grup neraka dalam fase atau babak grupnya.

Untuk Piala Dunia 2022 ini sendiri, grup neraka pun tercipta di grup E yang berisikan negara-negara kuat seperti Spanyol, Jerman, Kosta Rika, dan Jepang.

Empat negara ini merupakan tim-tim kuat di wilayahnya atau zonanya masing-masing. Sebagai contoh, Jerman dan Spanyol merupakan dua poros sepak bola di Eropa atau zona UEFA.

Baik Jerman dan Spanyol merupakan negara elite di kancah sepak bola karena prestasi yang dimiliki keduanya baik di zonanya maupun di level internasional.

Jerman merupakan juara Euro sebanyak tiga kali dan juga juara Piala Dunia empat kali. Tak mau kalah, Spanyol mampu menjuarai Euro tiga kali dan Piala Dunia sekali.

Sedangkan Kosta Rika merupakan salah satu tim elite di zona CONCACAF. Tim nasional berjuluk Los Ticos ini kerap menjuarai Gold Cup di zonanya dan tampil di Piala Dunia.

Di sisi lain, ada Jepang yang menjadi salah satu poros sepak bola Asia. Tim Samurai Biru merupakan langganan Piala Dunia dan juga kerap menjuarai turnamen level benua kuning.

Karena kiprah masing-masing negara itu, grup E Piala Dunia 2022 pun dianggap sebagai grup neraka yang akan menghadirkan pertandingan-pertandingan menarik.

Diyakini, Jerman dan Spanyol akan lolos ke babak 16 besar dengan mudah dari grup E karena materi kelas wahid yang dimilikinya.

Namun bukan berarti Kosta Rika dan Jepang mau menjadi pelengkap saja. Kedua negara ini bisa memberikan kejutan apalagi hanya ada tiga pertandingan yang masing-masing tim jalani.

Lantas, bagaimana dengan jadwal lengkap grup E Piala Dunia 2022 sendiri? Kapan Jerman dan Spanyol akan berhadapan dan saling tikam demi tiket 16 besar? Berikut jadwalnya.

Pertandingan Pertama:

(23/11/22) Pukul 20.00 WIB – Jerman vs Jepang (Stadion Khalifa)
(23/11/22) Pukul 23.00 WIB – Spanyol vs Kosta Rika (Stadion Al-Thumama)

Pertandingan Kedua:

(27/11/22) Pukul 17.00 WIB – Jepang vs Kosta Rika (Stadion Ahmad bin Ali)
(28/11/22) Pukul 02.00 WIB – Spanyol vs Jerman (Stadion Al-Bayt)

Pertandingan Ketiga:

(2/12/22) Pukul 02.00 – Jepang vs Spanyol (Stadion Khalifa)
(2/12/22) Pukul 02.00 – Kosta Rika vs Jerman (Stadion Al-Bayt)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More