Irwan Febri Rialdi
Vicu Bulmaga menjadi satu-satunya pemain Moldova U-20 yang berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-20. (Facebook/Fcdaciabuiucani)

Bolatimes.com - Vicu Bulmaga menjadi satu-satunya pemain Moldova U-20 yang berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-20 pada laga uji coba, Selasa (1/11/2022) malam WIB.

Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-20 vs Moldova U-20 sendiri merupakan rangkaian dari pemusatan latihan (TC) Indonesia U-19 di Eropa.

Timnas Indonesia U-20 yang di laga uji coba sebelumnya takluk 1-2 dari Turki U-20, mencoba bermain ngotot dan cepat sejak babak pertama dimulai.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-20 justru tertinggal lewat gol cepat dari Timnas Moldova U-20. Adalah kapten Timnas Moldova Vicu Bulmaga yang berhasil mencetak gol itu.

Usai menerima umpan dari tembakan bebas, Vicu Bulmaga yang berdiri di dalam kotak penalti, terbebas dari penjagaan bek Timnas Indonesia U-20. Sampai menit ke-15, Timnas Moldova U-20 berhasil unggul 1-0 atas Timnas Indonesia U-20.

Timnas Indonesia U-20 sendiri langsung diperkuat pemain-pemain utama sejak awal laga. Mulai dari Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Ronaldo Kwateh langsung jadi starter.

Namun demikian, satu kelalaian di awal laga bikin Timnas Indonesia U-20 tertinggal. Beruntung Timnas Indonesia U-20 mampu bangkit di babak kedua.

Timnas Indonesia U-19 berhasil mencuri tiga gol di babak kedua yang masing-masing dicetak oleh Zanadin Fariz (57'), Muhammad Ferrari (72'), dan Marselino Ferdinan (79').

Lantas, siapa sebetulnya Vicu Bulmaga yang berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-20?

Profil Vicu Bulmaga

Vicu Bulmaga merupakan salah satu pesepakbola muda potensial yang dimiliki oleh Moldova saat ini. Dia lahir pada 5 Juli 2003.

Posisi aslinya merupakan seorang gelandang bertahan, tapi Bulmaga juga bisa bermain sebagai bek tengah dan gelandang tengah.

Pemain dengan tinggi badan 177 cm ini merupakan jebolan dari akademi klub Moldova, FC Dacia Buiucani. Setelah membela Dacia B U-19, Bulmaga promosi ke tim utama ada 2020.

Dia bahkan sudah mendapat menit bermain cukup banyak di Dacia B U-19. Bulmaga total memainkan 29 laga untuk tim utama Dacia Buiucani.

Lalu pada Agustus 2021, Vicu Bulmaga direkrut oleh klub asal Republik Ceko, FK Teplice. Awalnya dia diproyeksikan untuk bermain di tim B Teplice.

Dia menunjukkan kualitas yang mumpuni dengan memainkan 31 pertandingan untuk FK Teplice B dan mencetak 6 gol serta 5 assist.

Tak mengherankan jika Vicu Bulmaga dipercaya untuk turun 10 kali di tim utama FK Teplice musim ini pada pertandingan Liga Ceko. Bulmaga menjawab kepercayaan ini dengan torehan 1 gol dan 2 assist.

Di level tim nasional Vicu Bulmaga sudah mencicipi bermain di berbagai level usia. Mulai dari Moldova U-17, U-19, U-20, hingga Moldova U-21.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More