Irwan Febri Rialdi
Striker Celtic asal Jepang, Kyogo Furuhashi, merayakan mencetak gol pertama timnya pada laga Grup G Liga Eropa antara Celtic vs Ferencvarosi TC di stadion Celtic Park di Glasgow, Skotlandia pada 19 Oktober 2021. (ANDY BUCHANAN/AFP)

Bolatimes.com - Tidak ada nama Kyogo Furuhashi dalam daftar pemain Timnas Jepang yang telah diumumkan masuk kedalam skuad untuk bertarung di Piala Dunia 2022 Qatar.

Pelatih Samurai Biru, Hajime Moriyasu, total memanggil 26 pemain untuk memenuhi target Jepang lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Pemain-pemain yang merumput di Eropa masih jadi andalan Moriyasu untuk meraih hasil maksimal di Qatar. Di antaranya eks pemain Real Madrid, Takefusa Kubo.

Samurai Biru masuk grup neraka bersama Jerman, Spanyol dan Kosta Rika dalam Grup E. Mereka berharap mendapatkan suntikan tenaga dari Kubo dan pemain-pemain yang merumput di Eropa lainnya.

Namun keputusan mengejutkan diambil Hajime Moriyasu dengan menepikan Kyogo Furuhashi. Padahal dia sedang bermain bagus bersama Celtic di Liga Skotlandia.

Sebagai gantinya, Moriyasu membawa tiga penyerang yang semuanya merumput di Eropa yaitu Daizen Maeda (Celtic), Takuma Asano (Bochum), dan Ayase Ueda (Cercle Brugge).

Lantas, siapa sebetulnya Kyogo Furuhashi yang tidak masuk skuad Jepang di Piala Dunia 2022? Berikut ulasan profilnya!

Profil Kyogo Furuhashi

Kyogo adalah pemain kelahiran, Nara, Jepang, pada 20 januari 1995. Dia bisa bermain di beberapa posisi seperti penyerang dan winger.

Furuhashi mulai mengenal sepak bola sejak usianya masih lima tahun. Ia kemudian meneruskan kariernya sebagai pesepak bola, sekaligus bidang akademiknya di Universitas Chuo.

Ketika sudah berada di akhir masa studinya, Furuhashi sempat kesulitan menemukan tim untuk dibela. Ia sudah mendaftar ke berbagai tim, tetapi tak ada yang mau menerimanya. 

Beruntung, ketika akan menyerah dalam menggapai mimpinya, ia mendapat panggilan dari FC Gifu yang saat itu bermain di J2 League atau kasta kedua sepak bola Jepang.

Sejak saat itu ketajaman Furuhashi mulai terlihat. Selama satu setengah musim di FC Gifu, ia berhasil mencetak 17 gol dari 71 penampilan di semua ajang.

Furuhashi lalu direkrut oleh Vissel Kobe pada pertengahan musim 2018. Di sini, ketajamannya semakin terasah. Terbukti dengan torehan 50 gol dari 111 penampilan di semua ajang.

Bersama Vissel Kobe juga, Furuhashi meraih berbagai gelar yaitu Emperor Cup dan Piala Super Jepang. Setelah tiga setengah musim, ia hijrah ke Celtic pada Juli 2021 dengan biaya 4,5 juta euro.

Pembelian Celtic tidak sia-sia karena Kyogo Furuhashi membuktikan kualitasnya dengan torehan 20 gol dari 33 penampilan di musim 2021/22. Dia juga membawa Celtic menjuarai Liga Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia.

Musim ini penampilannya juga cukup impresif dengan catatan 7 gol dari 14 pertandingan. Namun, torehan ini dianggap belum cukup oleh Moriyasu untuk Furuhashi masuk ke skuad Jepang di Piala Dunia 2022.

Adapun, untuk kariernya di timnas Jepang, Furuhashi melakoni debutnya pada 2019. Sejauh ini dia sudah mengantongi 16 caps dengan torehan 3 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More