Irwan Febri Rialdi
Roman Dumenco, kiper dari tim kontestan Liga Europa, FC Sheriff Tiraspol. (Dok. FC Sheriff)

Bolatimes.com - imnas Indonesia U-20 sukses mencatatkan prestasi khusus karena sukses menjebol gawang yang dijaga oleh kiper Moldova U-20, Roman Dumenco, pada laga uji coba yang berlangsung di Antalya, Turki.

Sebagai informasi, Roman Dumenco, yakni kiper yang memperkuat Moldova U-20, merupakan sosok pemain yang memiliki rekam jejak mentereng di level klub.

Pasalnya, Roman Dumenco pernah dibawa oleh pelatih FC Sheriff Tiraspol ketika bertandang ke markas Omonia Nicosia pada laga lanjutan Grup E Liga Europa 2022/2023.

Namun, status mentereng yang disandang oleh Roman Dumenco itu ternyata tak bisa membuatnya berkutik ketika menghadapi timnas Indonesia U-20.

Sebab, gawangnya justru dibobol tiga kali oleh para pemain lawan. Masing-masing gol ini dicetak oleh Rabbani Tasnim, Muhammad Ferarri, dan Marselino Ferdinan.

Pada akhir pertandingan, Roman Dumenco harus puas menerima kekalahan dari timnas Indonesia U-20 dengan skor 1-3 meski sukses unggul terlebih dahulu.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Roman Dumenco? Identitasnya tentu menarik untuk diulas karena dia merupakan salah satu penjaga gawang yang nyaris tampil di ajang Liga Eropa saat usianya masih sangat muda.

Profil Roman Dumenco

Sebagai informasi, Roman Dumenco merupakan pesepak bola yang tercatat lahir pada 30 Juli 2004. Dia tercatat memiliki dua kewarganegaraan, yakni Moldova dan Rusia.

Saat ini, penjaga gawang berusia 18 tahun itu tercatat sebagai anggota tim FC Sheriff-2 Tiraspol, alias tim kelompok junior dari klub sepak bola asal Moldova tersebut.

Sebelumnya, dia sempat bermain untuk FC Sheriff Tiraspol U-19 sebelum akhirnya naik pangkat ke kelompok usia yang lebih senior.

Bersama Sheriff Tiraspol U-19, Roman Dumenco memang memiliki catatan yang tak cukup impresif ketika bermain di ajang UEFA Youth League 2021.

Ketika itu, Sheriff Tiraspol tergabung di Grup D bersama Shakhtar Donetsk, Real Madrid, dan Inter Milan. Menghadapi tiga tim elite itu, Roman Dumenco tak bisa berbuat banyak.

Sebab, dari lima penampilannya di Grup D, gawangnya sudah kebobolan 18 gol. Yang terbanyak ialah ketika timnya dua kali digasak Shakhtar, masing-masing dengan skor 0-5 dan 0-6.

Salah satu catatan menarik yang dimiliki Roman Dumenco bersama FC Sheriff Tiraspol ialah ketika dirinya menjadi salah satu kiper yang dibawa pelatih Stjepan Tomas untuk menghadapi Omonia Nicosia pada lanjutan Grup E Liga Eropa 2022/2023.

Sayangnya, pada pertandingan ini dia hanya menjadi penghangat bangku cadangan untuk menyaksikan seniornya, Maksym Koval, menorehkan clean-sheet dan membawa pulang tiga poin karena menang 3-0.

Di level tim nasional, Roman Dumenco juga sudah menjadi bagian dari Moldova U-16. Dia juga pernah menjaga gawang timnas Moldova U-19 pada tahun ini.

Adapun laga pertamanya bersama timnas Moldova U-20 memang tercatat ketika melawan timnas Indonesia U-20 pada laga uji coba yang berlangsung pada Selasa (1/11/2022) malam hari WIB.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More