Irwan Febri Rialdi
Pep Guardiola (kanan) dari Barcelona (kanan) diberi ucapan selamat oleh pelatih Valladolid Javier Clemente setelah pertandingan Liga Spanyol mereka di stadion Camp Nou di Barcelona pada 16 Mei 2010. (AFP/ALEJANDRO GARCIA)

Bolatimes.com - Bursa calon pelatih timnas Vietnam yang akan menggantikan posisi Park Hang-seo kini diwarnai satu kandidat baru, yakni Javier Clemente, yang berstatus sebagai mantan pelatih Pep Guardiola.

Javier Clemente memang menjadi nama terbaru yang disebut-sebut bakal didekati oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) untuk mengasuh timnas Vietnam yang akan berpisah dengan Park Hang-seo.

Jika merujuk pada pemberitaan media Vietnam, The Thao 247, Javier Clemente akan mulai menakhodai skuad The Golden Star setelah kontrak Park Hang-seo berakhir pada Januari 2023.

Seperti diketahui, Park Hang-seo enggan memperpanjang kontraknya. Keputusan tersebut tentunya membuat Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dapat pekerjaan rumah mencari pelatih anyar untuk menukangi timnas.

Berbagai spekulasi muncul tentang kandidat pengganti Park Hang-seo. Mulai Lee Young-jin, Gong Oh-kyun, Kiatisuk Senamuang hingga pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masuk kandidat juru taktik anyar Vietnam.

Profil Javier Clemente

Jika benar timnas Vietnam akan menunjuk Javier Clemente sebagai nakhodanya, maka penikmat sepak bola asal Negeri Paman Ho bisa bergembira.

Sebab, Javier Clemente merupakan sosok pelatih berkaliber dunia yang sudah memiliki rekam jejak panjang dalam dunia racik strategi. 

Lelaki bernama lengkap Javier Clemente Lazaro ini tercatat lahir di Barakaldo, Spanyol, pada 12 Maret 1950. Dengan demikian, Javier Clemente sudah menginjak usia 72 tahun.

Kariernya sebagai pesepak bola memang tak terlalu mentereng. Dia hanya tercatat pernah bermain untuk Athletic Bilbao (1968-1973) dan Bilbao Athletic (1973-1974).

Dia harus mengakhiri kariernya lebih cepat, tepatnya pada usia 24 tahun, karena mengalami cedera parah pada tulang fibula dan tibia. Cedera inilah yang mengubur karier sepak bolanya.

Lelaki yang akrab dengan julukan El Rubio de Barakaldo (Si Pirang dari Barakaldo) ini kemudian melanjutkan kiprahnya sebagai pelatih pada 1975 bersama Arenas Getxo.

DIa tercatat pernah mengasuh beberapa klub besar seperti Athletic Bilbao, Espanyol, Atletico Madrid, Real Betis, Real Sociedad, Marseille, hingga Real Valladolid.

Bersama Athletic Bilbao, dia pernah memenangkan sejumlah gelar juara, mulai dari dua gelar La Liga (1982/1983 dan 1983/1984), Copa del Rey 1983/1984, hingga Supercopa de Espana (1984).

Adapun di level tim nasional, dia pernah menangani Spanyol U-21, Spanyol, Serbia, Kamerun, hingga Libya. Bersama klub yang disebut terakhir, Javier Clemente sukses mempersembahkan gelar juara African Nations Championship pada medio 2014.

Adapun saat berkiprah bersama timnas Spanyol, Javier Clemente pernah mengasuh Pep Guardiola. Sebab, dia bekerja sebagai nakhoda La Furia Roja pada rentang tahun 1992 hingga 1998.

Timnas Spanyol menjelma tim kuat di bawah kepemimpinannya. Sebab, dia pernah membukukan rekor 31 laga tak terkalahkan. Selain Pep Guardiola, anak asuhnya yang kini punya karier di dunia kepelatihan ialah Fernando Hierro hingga Luis Enrique.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More