Irwan Febri Rialdi
Shio Fukuda resmi gabung klub Jerman, Borussia Monchengladbach. (Dok. Borussia.de)

Bolatimes.com - Pesepak bola muda asal Jepang yang pernah masuk daftar 60 wonderkid terbaik dunia bersama Marselino Ferdinan, Shio Fukuda, resmi dikontrak oleh klub Liga Jerman, Borussia Monchengladbach.

Kepastian bergabungnya Shio Fukuda bersama Borussia Monchengladbach itu juga telah diumumkan pihak klub secara resmi pada Selasa (1/11/2022).

“Borussia mendatangkan pemain internasional Jepang, Shio Fukuda, pada 15 Januari 2023,” tulis pernyataan resmi Borussia Monchengladbach via website, Selasa (1/11/2022).

Meskipun demikian, striker berusia 18 tahun yang dinilai selevel dengan Marselino Ferdinan ini tak akan langsung bermain bersama tim senior  Borussia Monchengladbach.

Sebab, Shio Fukuda akan terlebih dahulu bermain bersama tim U-23. Tak hanya itu saja, dia juga bisa diturunkan di level U-19.

“Penyerang berusia 18 tahun itu diproyeksikan bermain di tim U-23. Namun, dia juga bisa ditempatkan di tim U-19. Fukuda akan pindah ke Monchengladbach pada Januari mendatang,” tulis pernyataan klub.

Profil Shio Fukuda

Sebagai informasi, Shio Fukuda merupakan pesepak bola yang lahir di Kanoya, Kagoshima, Jepang, pada 8 April 2004. Dengan demikian, usianya baru menginjak 18 tahun.

Perjalanan Shi Fukuda berlatih sepak bola bermula dari klub kota kelahirannya, Takayama FC. Dia lalu melanjutkan pelatihannya bersama tim sekolah di Gakuen High School.

Salah satu performa impresifnya saat berusia muda ialah mencatatkan dirinya sebagai penyerang terbaik di ajang All Japan High School Soccer Tournament.

Sayangnya, pada turnamen sepak bola untuk Sekolah menengah Atas (SMA) itu, timnya kalah dari Teikyo Nagaoka High School pada ronde kedua.

Shio Fukuda mendapatkan perhatian dari The Guardian dan masuk 60 wonderkid terbaik dunia karena selalu menjadi salah satu pencetak gol terbanyak pada nyaris seluruh turnamen yang diikuti Kamimura Gakuen High School.

Dari sana, Fukuda akhirnya mendapatkan kesempatan berlatih bersama klub J1 League, Kashima Antlers, tepatnya pada September 2021.

Setahun berselang, dia membuat heboh dunia karena sukses mendapatkan kontrak dari klub kasta tertinggi Liga Jerman, Borussia Monchengladbach.

Meskipun sejatinya belum pernah memainkan satu pun pertandingan profesional di Negeri Sakura, tetapi Monchengladbach merasa senang bisa mendapatkan salah satu talenta terbaik ini.

Menurut rencana, Fukuda baru akan bergabung dengan salah satu klub elite Jerman itu pada Januari 2023, karena menunggu periode libur musim dingin di Jepang.

Sebagai informasi, Shio Fukuda juga telah mendapatkan sejumlah caps bersama timnas Jepang di kelompok usia muda, mulai dari U-16, U-17, hingga U-18.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More