Husna Rahmayunita
Para pemain Timnas Iran melakukan selebrasi usai lolos ke Piala Dunia 2022. (ATTA KENARE / AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 di Qatar sudah di depan mata. Kurang dari sebulan ajang bergengsi itu digelar, tapi justru sederet kontroversi dan permasalahan malah muncul.

Salah satu masalah itu adalah munculnya beberapa negara yang terancam dicoret dari Piala Dunia 2022. Ada beberapa masalah yang mendasari kemungkinan pencoretan ini oleh FIFA.

Tentu saja hal ini menimbulkan permasalahan karena Piala Dunia 2022 sejatinya akan berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Turnamen tersebut akan diikuti oleh 32 tim terbaik di dunia. Namun, ada dua negara yang justru terancam gagal ikut serta di Piala Dunia edisi kali ini.

1. Iran

Negara pertama yang terancam gagal ikut serta di Piala Dunia 2022 adalah perwakilan Asia, Iran. Desakan ini muncul setelah muncul dugaan Iran membantu Rusia menyerang Ukraina.

Desakan mencoret ini muncul dari CEO Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin. Seperti yang diketahui, situasi antara Rusia dengan Ukraina saat ini tengah memanas. Ada kabar yang menyebutkan Iran memasok drone 'Kamikaze' ke Rusia.

Oleh karena itu, Sergei Palkin mengatakan kalau Timnas Iran harus dilarang oleh FIFA untuk ikut Piala Dunia 2022. Sebagai gantinya, Ukraina akan bermain di Qatar bulan depan.

Sebelumnya, FIFA telah melarang Rusia dan Belarusia dari kompetisi internasional pada Februari menyusul invasi ke Ukraina. Palkin percaya Iran harus menghadapi hukuman yang sama menyusul partisipasi langsung negara itu dalam serangan teroris terhadap warga Ukraina.

Situasi politik di Iran sendiri memang sedang tidak kondusif menyusul protes yang meluas di negara Timur Tengah ini. Inggris bahkan memberlakukan sanksi kepada Iran setelah tokoh politik dan pejabat keamanan melakukan pelanggaran HAM usai kematian Mahsa Amini (22 tahun). 

Alhasil, pencoretan dari Piala Dunia 2022 dinilai sebagai cara yang tepat untuk menghukum Iran. Tim berjudul 'Team Melli' ini tergabung di Grup B bersama Inggris, Amerika Serikat, dan Wales.

2. Tunisia

Desakan agar Iran dicoret dari Piala Dunia 2022 belum reda sepenuhnya, kemudian muncul kemungkinan perwakilan Afrika, Tunisia, juga gagal ikut serta di Piala Dunia 2022.

Tunisia terancam gagal mentas di Piala Dunia 2022 setelah FIFA mengeluarkan ancaman mengeliminasi Tunisia dari ajang tersebut.

Usut punya usut, ancaman FIFA ini muncul setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Tunisia, Kamel Deguiche, mengeluarkan pernyataan kontroversial.

Deguiche menyinggung tentang pembubaran beberapa kantor federal dari berbagai disiplin di Tunisia. Ini digolongkan FIFA sebagai upaya intervensi pemerintah kepada federasi sepak bola Tunisia.

Atas pernyataan Deguiche ini pula, FIFA akhirnya meminta klarifikasi dari Tunisia Football Federation (FTF) tentang pernyataan dari sang Menpora-nya itu.

FIFA menggambarkan situasi ini sebagai upaya otoritas negara untuk campur tangan dalam urusan internal federasi Tunisia dan ancamannya untuk membubarkan kantor FTF.

Jika penilaian FIFA nantinya menyatakan bahwa ada ikut campur pemerintah kepada urusan TFT, maka Timnas Tunisia bisa kena imbasnya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More