Rauhanda Riyantama
Pelatih Prancis, Didier Deschamps memegang trofi Piala Dunia 2018/Twitter

Bolatimes.com - Berikut sosok-sosok yang berhasil juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, di mana hanya ada tiga orang saja yang mampu melakukannya.

Piala Dunia merupakan sebuah ajang bergengsi yang diimpikan banyak elemen di sepak bola, entah itu pemain ataupun negara-negara anggota FIFA.

Impian di Piala Dunia itu tak hanya sekadar tampil begitu saja, melainkan menjadi juara dan bisa mengangkat trofi Jules Rimet yang legendaris itu.

Baca Juga:
Sandy Walsh dan Jordi Amat Belum Jalani Sumpah WNI, Ini Kata PSSI

Banyak pelatih dan pemain yang selalu berlomba-lomba bisa merengkuh trofi Piala Dunia karena gengsi yang dimiliki ajang ini.

Tak mengherankan jika tak semua pemain dan pelatih ternama bisa merengkuhnya, meski para pemain dan pelatih ini punya rekam jejak mentereng di kancah sepak bola.

Namun dalam sejarah perhelatan Piala Dunia, ada tiga sosok yang bisa dikatakan sangat beruntung bisa meraih trofi Piala Dunia.

Baca Juga:
Link Live Streaming Perempat Final French Open 2022: 3 Wakil Indonesia Beraksi

Pasalnya, tiga orang ini bisa meraih trofi Piala Dunia tak hanya sebagai pemain saja, melainkan saat orang-orang ini menjadi pelatih.

Lantas, siapa saja sosok yang berhasil menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih? Berikut daftarnya.

1. Mario Zagallo (Brasil)

Baca Juga:
Posting Suasana Kota Jakarta, Shayne Pattynama Kangen Ingin Balik ke Indonesia

Mario Zagallo/Twitter

Mario Zagallo merupakan legenda sepak bola Brasil. Dalam kariernya, ia telah mempersembahkan dua trofi Piala Dunia bagi negaranya.

Dua trofi mampu diraihnya saat masih menjadi pemain, di mana ia membawa Brasil meraih titel Piala Dunia pada tahun 1958 dan 1962.

Sedangkan satu gelar lainnya didapatkan saat dirinya menjadi pelatih bagi Brasil pada Piala Dunia 1994. Hanya saja, Zagallo bukanlah pelatih kepala saat itu, melainkan asisten pelatih.

Baca Juga:
5 Rekor J1 League yang Sulit Dipecahkan, Termasuk Pencetak Gol Termuda

2. Franz Beckenbauer (Jerman)

Franz Beckenbauer menerima trofi Piala Dunia 1974 di Munich, Jerman Barat (STF/AFP)

Sebelum Zagallo meraih titel Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih, ada nama Franz Beckenbauer yang terlebih dulu mendapatkannya.

Beckenbauer tercatat telah mempersembahkan dua trofi Piala Dunia. Satu trofi diberikannya kepada Jerman Barat di Piala Dunia 1974.

16 tahun berselang, Beckenbauer berkesempatan melatih negaranya, Jerman di Piala Dunia 1990. Siapa sangka, ia berhasil membawa Der Panzer menjadi juara dunia untuk kedua kalinya.

3. Didier Deschamps (Prancis)

Didier Deschamps meraih trofi Piala Dunia edisi 1998 (Twitter)

Sama seperti Beckenbauer, Didier Deschamps juga mampu membawa negaranya, Prancis, menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Saat masih bermain, Deschamps mampu menjuarai Piala Dunia 1998 yang digelar di Prancis. sedangkan saat menjadi pelatih, ia membawa Les Bleus menjadi juara Piala Dunia 2018 di Rusia.

Hebatnya, dua gelar yang diberikan Deschamps itu menjadi dua gelar Piala Dunia yang direngkuh Prancis sepanjang partisipasinya di ajang ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More