Irwan Febri Rialdi
Striker Barcelona Robert Lewandowski merayakan golnya bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan Liga Spanyol antara FC Barcelona dan Villarreal CF di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 20 Oktober 2022. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO.

Bolatimes.com - Setelah tersingkir dari Liga Champions 2022/2023, Barcelona yang harus turun ke kasta kedua kejuaraan ini diyakini mampu meraih gelar juara Liga Europa 2022/2023.

Sebelumnya, kepastian soal nasib Barcelona yang harus turun ke Liga Eropa 2022/2023 didapat setelah mereka dihajar Bayern Munchen dengan skor 0-3 pada laga matchday kelima Grup C Liga Champions 2022/2023.

Dengan hasil ini, Barcelona dipastikan tersingkir dari perebutan peringkat pertama dan kedua Grup C karena hanya sanggup mengoleksi empat poin dari lima pertandingan.

Tim asuhan Xavi Hernandez ini dipastikan gagal bersaing dengan Bayern Munchen dan Inter Milan yang berpeluang besar lolos ke fase selanjutnya Liga Champions 2022/2023.

Meskipun demikian, Barcelona sepertinya bakal menjadi salah satu kandidat yang kuat dalam perebutan gelar juara Liga Eropa 2022/2023.

Sebab, ada sejumlah alasan yang membuat Robert Lewandowski dan kawan-kawan bisa bersaing dengan kontestan lainnya di ajang ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah alasan yang membuat Barcelona bisa menjuarai ajang Liga Eropa 2022-2023.

1. Barcelona Akan Tetap Berjuang

Sebelum duel melawan Bayern Munchen, Xavi Hernandez sebetulnya sudah memberikan indikasi kuat bahwa Barcelona akan tetap berjuang semaksimal mungkin andai tersingkir dari Liga Champions.

Sebab, menurut Xavi, Barcelona harus tetap menanggapi serius kompetisi kasta kedua antarklub di Eropa itu seperti halnya Liga Champions.

“Sebenarnya tidak perlu dijawab. Kalaupun kami harus bermain di kompetisi tersebut, maka kami harus berjuang sekuat mungkin,” kata Xavi.

2. Harapan untuk Meraih Trofi

Ajang Liga Eropa 2022/2023 bisa menjadi salah satu pelepas dahaga Barcelona yang sudah cukup lama absen meraih gelar juara.

Sebab, terakhir kali mereka mendapatkan trofi ialah pada musim 2020/2021 lalu di ajang Piala Spanyol. Pada musim berikutnya, yakni 2021/2022, mereka tak mampu meraih satu pun gelar juara.

Dengan demikian, Barcelona sepertinya bakal berjuang semaksimal mungkin untuk bisa mengakhiri paceklik gelar juara itu dengan merengkuh trofi Liga Eropa 2022/2023.

3. Punya Skuad Mewah

Di level Liga Eropa 2022/2023, Barcelona barangkali menjadi salah satu kontestan yang memiliki skuad paling mewah ketimbang peserta lainnya.

Sebab, Barcelona sebagai salah satu tim elite di Liga Spanyol memiliki sederet pemain bintang yang jauh lebih mentereng ketimbang klub-klub di Liga Eropa 2022/2023.

Pemain-pemain seperti Robert Lewandowski, Ousmane Dembele, Ferran Torres, Ansu Fati, Pedri, Frenkie de Jong, dan lain-lain bakal menjadi sosok pemain bintang yang memiliki nama mentereng.

Hal ini pula yang bisa memudahkan Xavi Hernandez untuk membawa Barcelona meraih gelar juara, meskipun di kasta kedua kejuaraan Eropa.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More