Irwan Febri Rialdi
Gelandang Timnas Irak U-20, Blnd Hassan. (YouTube/GreenJumper)

Bolatimes.com - Blnd Hassan menjadi salah satu pemain Irak U-20 yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-19 pada gelaran Piala Asia U-20 2023 mendatang.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama Irak, Uzbekistan, dan Suriah. Ini menjadi grup yang cukup sulit buat Indonesia jika menilik peta kekuatan tim.

Pasalnya Irak dan Suriah tercatat pernah menjuarai Piala Asia U-20. Sedangkan Uzbekistan dipastikan bakal mendapat dukungan penuh dari suporter tuan rumah.

Selain sejarah manis di Piala Asia U-20, materi pemain dari setiap tim juga patut diwaspadai. Terlebih di Irak U-20 ada pemain kelahiran Belanda yang kini jadi andalan.

Lantas, siapa Blnd Hassan yang jadi andalan Irak U-20? Berikut ulasan profilnya!

Profil Blnd Hassan

Blnd Hassan merupakan pemain kelahiran Arnhem, Belanda, pada 12 Agustus 2003. Dia punya perjalanan karier yang hampir sama dengan pemain kelahiran Belanda yang membela Suriah U-20, Hozan Osman.

Mereka sama-sama memulai karier sepakbolanya di akademi ESA Rijkerswoerd Youth. Bedanya, Hassan lebih dulu bergabung daripada Osman.

Setelah bertahun-tahun menimba ilmu di sana, Osman pindah ke Akademi Graafschap pada Juli 2015. Butuh waktu cukup lama untuk Hassan bisa promosi ke tim kelompok umur Graafschap.

Kemampuannya semakin berkembang hingga akhirnya dia promosi ke tim U-17 Graafschap pada Juli 2019. Setahun kemudian, dia promosi ke tim U-18 Graafschap.

Kepiawaian dan ketajaman Hassan membuatnya langsung promosi ke tim U-21 Graafschap pada musim 2021/22. Dia langsung mendapat tempat reguler di tim ini.

Selama musim 2021/22 saja, dia bermain 12 kali di kompetisi U-21 Liga Belanda dengan mencatatkan 5 gol. Kemampuan Hassan memang berbahaya karena dia bisa bermain di berbagai posisi di lini depan, mulai dari gelandang serang, winger, hingga penyerang.

Di musim 2022/23 ini, Blnd Hassan sudah mencatatkan 5 pertandingan dengan Graafschap U-21 di Liga Belanda U-21 dan mengemas 2 gol.

Di level tim nasional, Blnd Hassan sudah melakoni debut dengan Irak U-20 pada Juli 2021 saat usianya masih 17 tahun 10 bulan.

Total dia sudah melakoni 4 pertandingan dengan Irak U-20 dan membukukan 2 gol. Blnd Hassan besar kemungkinan bakal menjadi andalan Emad Mohammed di lini depan Irak U-20 pada Piala Asia U-20 2023 mendatang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More