Irwan Febri Rialdi
Selebrasi kapten Uzbekistan, Umarali Rahmonaliev, usai menjebol gawang Slovakia. (Uzbekistan FA).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 tentu wajib mewaspadai Uzbekistan U-20 yang menjadi salah satu calon lawannya di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, timnas Indonesia U-20 harus menghadapi Uzbekistan U-20 yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia U-20 2023. Pada masa persiapannya, mereka juga sukses tampil gemilang saat uji coba melawan Slovakia.

Melalui laman resmi Federasi Sepak Bola Uzbekistan (UFA), timnas Uzbekistan U-20 baru saja menampilkan performa impresif setelah menang meyakinkan atas Slovakia.

“Timnas junior Uzbekistan meraih kemenangan meyakinkan atas Slovakia,” tulis UFA pada Jumat (28/10/2022).

Dalam pertandingan uji coba yang berlangsung di Tashkent itu, Uzbekistan U-20 sukses menggasak Slovakia U-20 dengan skor telak 4-1.

Empat gol kemenangan timnas Uzbekistan U-20 pada pertandingan ini disumbangkan oleh Abbasbek Faizullayev (1’), Shahriyor Jabbarov (20'), Umarali Rahmonaliyev (67'), dan Zafarmurod Abdirahmatov (90'). Adapun satu gol balasan Slovakia dicatatkan oleh Timatiy Yambor (73') via eksekusi penalti.

“Timnas junior Uzbekistan yang saat ini terus mematangkan persiapan untuk Piala Asia U-20, menggelar laga uji coba kedua melawan timnas Slovakia U-20,” tulis UFA.

“Laga uji coba ini merupakan bagian dari rangkaian pemusatan latihan di Tashkent. Anak asuh Ravshan Haydarov sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan,” lanjutnya.

Kemenangan dengan skor 4-1 ini jelas membuat tim asuhan Shin Tae-yong harus semakin memberikan kewaspadaannya terhadap kekuatan Uzbekistan.

Pasalnya, Uzbekistan U-20 akan menjadi salah satu lawan berat yang akan dihadapi Marselino Ferdinan dan kawan-kawan di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Menurut hasil undian grup Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung pada Rabu (26/10/2022) itu, selain Uzbekistan dan Indonesia, ada pula Suriah dan Irak yang akan bersaing di Grup A.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Uzbekistan yang tergabung di Grup A harus bersaing melawan China, Arab Saudi, Myanmar, dan Maladewa. Hasilnya, semua pertandingan sukses disapu bersih dengan kemenangan.

Anak asuh Farhod Nishonov sukses menumbangkan Maladewa (7-0), Myanmar (3-0), Arab Saudi (2-1) dan China (2-1). Dengan catatan ini, mereka sukses mencetak 14 gol dan kemasukan dua kali.

Ini tentu menjadi catatan yang positif sebagai modal timnas Uzbekistan U-20 yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia U-20 2023.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More