Irwan Febri Rialdi
Pemain Chivas de Guadalajara berpose untuk foto tim sebelum pertandingan Superclasico 2019 melawan Club America pada 8 September 2019 di Stadion Soldier Field di Chicago, Illinois. (Kamil Krzaczynski/AFP)

Bolatimes.com - Rumor mengejutkan datang kepada Luis Milla. Pelatih asal Spanyol tersebut dikabarkan tengah dilirik oleh klub asal Meksiko, Chivas de Guadalajara.

Dilansir dari ruetir, ia menjadi salah satu kandidat pelatih berikutnya yang menggantikan Ricardo Cadena. Pemilihan calon pelatih Chivas Guadalajara tak lepas dari ide salah satu petinggi klub tersebut dan juga legenda Real Madrid, Fernando Hierro.

Ia memilih Luis Milla karena sudah tahu karakter dan gaya melatihnya yang dinilai cocok dengan klub asal Meksiko tersebut.

Luis Milla sendiri saat ini sedang melatih Persib Bandung. Terkait kabar ini, bos Persib Teddy Tjahjono menyebut bahwa kabar ini hanya hoaks atau kabar bohong.

Akan tetapi, belum adanya kepastian menyoal Liga 1 2022/23 yang dihentikan sementara usai tragedi Kanjuruhan, bisa saja bikin Luis Milla memutuskan hengkang.

Lantas, seperti apa sih latar belakang Chivas de Guadalajara ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Chivas de Guadalajara

Klub dengan nama lengkap Club Deportivo Guadalajara ini merupakan salah satu klub tertua di Meksiko. Mereka sudah berdiri sejak 1906.

Sebagai salah satu tim terlawas, Guadalajara memegang teguh kebudayaan Meksiko. Ini dibuktikan dengan Guadalajara menjadi satu-satunya tim di Meksiko yang tidak boleh merekrut pemain di luar Meksiko.

Meski terkesan kolot, nyatanya Guadalajara tetap bisa menjadi salah satu tim tersukses di Meksiko. Mereka juga merupakan tim yang konsisten melahirkan nama-nama pemain hebat Meksiko.

Di antara pemain-pemain dunia yang pernah membela Guadalajara yaitu Javier Hernandez (eks Manchester United dan Real Madrid), Carlos Vela, hingga Carlos Salcido.

Dari raihan gelar, berbagai trofi dikoleksi oleh Guadalajara. Mereka mengoleksi 12 trofi juara Liga Meksiko, 4 trofi Copa Meksiko, 7 trofi Campeon de Campeones, dan 1 trofi Supercopa Meksiko.

Tak cuma di domestik, Guadalajara juga berprestasi di tingkat internasional. Mereka 2 kali menjuarai Liga Champions CONCACAF.

Guadalajara juga menjadi tim Meksiko dengan prestasi paling bagus di Copa Libertadores dengan dua kali mencapai semifinal dan sekali menjadi runner-up.

Selain prestasi, Chivas Guadalajara juga merupakan klub paling populer di Meksiko dengan 44,2% dari total penduduk merupakan suporter mereka.

Namun seperti halnya perjalanan sebuah klub besar di beberapa negara, masa-masa sulit juga sempat dialami oleh mereka. Era-era sulit itu terjadi di periode 1971-1983 dan 2011-2015.

Kini Chivas Guadalajara sedang berusaha mengembalikan masa kejayaan mereka. Dikabarkan mereka pun sedang mengincar pelatih baru, salah satunya pelatih Persib Bandung saat ini, Luis Milla.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More