Irwan Febri Rialdi
Gelandang Terengganu FC asal Filipina, Manny Ott. (Dok. Terengganu FC)

Bolatimes.com - Rumor yang menyebut bahwa Ricky Kambuaya dikaitkan dengan klub Liga Super Malaysia, Terengganu FC, mendapat sanggahan dari netizen Negeri Jiran hingga pemain timnas Indonesia itu dibandingkan dengan Manny Ott.

Salah seorang netizen Negeri Jiran menyebut bahwa gelandang asing milik Terengganu FC, Manny Ott, lebih berkualitas ketimbang Ricky Kambuaya.

Hal ini dikatakan oleh akun @PiangShankl, seorang yang sering mengamati sepak bola di Negeri Jiran, khususnya Terengganu FC dan Timnas Malaysia.

Dia mengatakan, kebijakan klub Terengganu FC untuk merekrut pemain baru sangat tidak masuk akal lantaran runner-up Liga Super Malaysia 2022 ini belum memiliki pelatih kepala.

Bahkan, rencana Terengganu FC untuk merekrut Ricky Kambuaya seperti rumor yang belakangan ini mencuat, merupakan langkah yang keliru. Sebab, klub ini telah memiliki gelandang asing berkualitas dalam diri Manny Ott.

“Pelatih Kepala untuk musim depan belum juga dapat, tetapi dia telah pergi ke Indonesia untuk mencari pemain asing. Tidak serius,” tulis @PiangShankly.

“Manny Ott lebih baik dari Ricky Kambuaya. Semuanya sudah bagus, tetapi kenapa Anda ingin meresetnya,” ia melanjutkan.

Lalu, seperti apa sebetulnya sosok Many Ott, pemain asing milik Terengganu FC, yang disebut-sebut lebih berkualitas ketimbang Ricky Kambuaya? Berikut Bolatimes.com menyajikan ulasannya.

Profil Manny Ott

Pemain yang bernama lengkap Manuel Gelito Ott ini merupakan gelandang yang tercatat lahir di Munich, Jerman, pada 6 Mei 1992. Meskipun lahir di Jerman, dia memilih kewarganegaraan Filipina.

Karier sepak bola Manny ott bermula bersama sejumlah klub, mulai dari FSV Ilmmünster, FSV Pfaffenhofen, 1860 Munich, hingga FC Ingolstadt 04.

Bersama klub yang disebut terakhir, dia mendapat kesempatan promosi ke tim kedua. Setelah empat musim bersama FC Ingolstadt 04 II, dia memutuskan bergeser ke Filipina.

Karier Manny Ott di Filipina bermula bersama Ceres Negros, klub sepak bola yang saat itu berkompetisi di ajang United Football League (UFL) alias kompetisi kasta tertinggi di Filipina.

Selama berkarier di Filipina, dia sudah meraih sejumlah gelar juara, yakni Philippines Football League musim 2017, 2018, dan 2020.

Adapula gelar United Football League 2015, dan gelar juara United Football League Cup 2016.

Mulai tahun 2021, pemain berpostur 172 cm ini memulai kariernya bersama klub Liga Super Malaysia, Melaka United. Semusim berikutnya, dia memilih bergeser ke Terengganu FC.

Karier Manny Ott di level tim nasional sebetulnya sudah bermula bersama Filipina U-19 pada tahun 2009. Namun, saat usianya belum genap 20 tahun, dia sudah mencetak debut internasional bersama timnas senior.

Momen itu terjadi tepatnya pada pertandingan Filipina melawan China Taipei pada 16 Januari 2010. Ketika itu, usia Manny Ott masih 18 tahun.

Sejak saat itu, Manny Ott selalu menjadi andalan timnas Filipina di berbagai ajang internasional. Sejauh ini, dia sudah membukukan total 57 penampilan bersama The Azkals di berbagai ajang.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More