Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Uzbekistan U-19, Farhod Nishinov. (Dok. Uzbekistan FA)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Uzbekistan U-20, Farhod Nishonov, menjadi sosok juru taktik yang akan dihadapi oleh pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, saat bersaing di Grup A Piala Asia U-20 2023.

Perjumpaan antara Farhod Nishonov dengan Shin Tae-yong ini tak terlepas dari hasil undian grup Piala Asia U-20 2023 yang menempatkan Uzbekistan dengan Indonesia di Grup A.

Menurut hasil undian grup Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung pada Rabu (26/10/2022) itu, selain Uzbekistan dan Indonesia, ada pula Suriah dan Irak yang akan bersaing di Grup A.

Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, tentu harus mewaspadai tangan dingin Farhod Nishonov yang telah terbukti membawa Uzbekistan melalui fase kualifikasi dengan catatan sempurna.

Profil Farhod Nishonov

Farhod Nishonov yang saat ini berstatus sebagai pelatih timnas Uzbekistan U-20 merupakan mantan pesepak bola yang tercatat lahir di Tashkent, Uzbekistan, pada 20 September 1991.

Sebelum menekuni dunia racik strategi, Farhod Nishonov memang berstatus sebagai pesepak bola profesional. Posisi bermainnya adalah sebagai gelandang tengah.

Karier sepak bolanya bermula bersama sebuah klub di kota kelahirannya, Pakhtakor Tashkent U-18. Dari sana, dia mulai mendapatkan pintu memasuki jenjang profesional.

Sebab, pada 1 Juli 2010, dia sukses mendapat tiket promosi ke tim utama Pakhtakor Tashkent. Dia sempat menjalani masa pinjaman selama setengah musim bersama klub Estonia, FC Lootus.

Setelah sempat kembali dari masa pinjaman, dia kembali dilepas untuk memperkuat Qizilqum dengan status yang sama dari Pakhtakor Tashkent.

Setelah itu, tidak ada rekam jejak yang bisa ditelusuri lebih lanjut dari karier profesional yang dijalani oleh Farhod Nishonov.

Yang jelas, Farhod Nishonov merupakan sosok juru taktik yang sangat muda. Sebab, di usianya yang baru menginjak 31 tahun, dia sudah mendapat kepercayaan untuk mengasuh timnas Uzbekistan U-20.

Kiprahnya sebagai pelatih timnas Uzbekistan U-20 juga cukup mentereng. Sebab, dia berhasil mengantarkan anak asuhnya menyapu bersih semua pertandingan di fase Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebagai informasi, Uzbekistan berstatus sebagai tuan rumah ajang ini. Namun, mereka tetap memilih untuk ikut berpartisipasi di fase kualifikasi meski sudah dipastikan lolos ke putaran final karena status sebagai tuan rumah.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Uzbekistan yang tergabung di Grup A harus bersaing melawan China, Arab Saudi, Myanmar, dan Maladewa. Hasilnya, semua pertandingan sukses disapu bersih dengan kemenangan.

Anak asuh Farhod Nishonov sukses menumbangkan Maladewa (7-0), Myanmar (3-0), Arab Saudi (2-1) dan China (2-1). Dengan catatan ini, mereka sukses mencetak 14 gol dan kemasukan dua kali.

Ini tentu menjadi catatan yang positif sebagai modal timnas Uzbekistan U-20 yang berstatus sebagai tuan rumah Piala Asia U-20 2023.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More