Jum'at, 27 Januari 2023
Husna Rahmayunita : Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Deretan tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Sejauh ini, sudah ada sembilan tim yang melaju, di mana empat diantarnya nama baru.

Keempatnya yakni Chelsea, Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain (PSG) dan Benfica. Tim-tim itu lolos setelah meraih hasil positif di matchday kelima yang digelar Selasa hingga Rabu (26/10/2022).

Sebelum keempat klub tersebut, sudah ada lima tim yang lebih dulu lolos pasca matchday keempat yakni Napoli, Club Brugge, Bayern Munich, Manchester City dan Real Madrid.

Chelsea

Chelsea berhasil meraup poin penuh saat bertandang ke markas RB Salzburg dalam matchday kelima Grup E di Red Bull Arena, Austria.

Tim asuhan Graham Potter mencetak gol pembuka melalui Mateo Kovacic sebelum Junior Adamu menyamakan kedudukan untuk RB Leipzig. Gol Kai Havertz kemudian jadi penentu kemenangan Chelsea.

Berdasarkan laman resmi UEFA, tiga poin ini mengokohkan posisi Chelsea di puncak klasemen dengan koleksi 10 poin. Mereka dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Secara matematis, Chelsea bahkan sudah dipastikan bakal finis sebagai juara grup. Posisi mereka tak mungkin lagi disalip AC Milan dan RB Salzburg selaku dua tim yang masih punya kans melaju ke fase knock-out.

Borussia Dortmund

Borussia Dortmund memastikan lolos ke babak 16 besar Champions League 2022-2023 setelah menahan imbang Manchester City tanpa gol dalam matchday kelima Grup G di Signal Iduna Park.

Manchester City yang sudah memastikan lolos ke fase knock-out sejak matchday keempat, kini mengoleksi 11 poin untuk memperkokoh posisinya di puncak klasemen Grup G.

Sementara Borussia Dortmund menguntit di urutan kedua dengan koleksi delapan poin dari lima pertandingan, hasil memenangi dua laga, dua imbang dan sekali kalah.

Posisi mereka tak mungkin lagi terkejar oleh Sevilla di tempat ketiga yang baru mengoleksi lima poin. Meski punya potensi menyamai perolehan poin Dortmund, wakil Spanyol kalah head to head.

PSG dan Benfica

PSG dan Benfica yang tergabung di Grup H dipastikan lolos ke babak 16 besar Champions League 2022-2023 setelah meraih kemenangan dalam matchday kelima.

PSG mengalahkan Maccabi Haifa dengan skor telak 7-3 untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen dengan koleksi 11 poin.

Sementara Benfica berhasil mengubur harapan Juventus untuk lolos ke 16 besar setelah menang dengan skor 4-3 di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal.

Kemenangan atas Bianconeri membuat Benfica mengoleksi 11 poin, setara PSG tetapi kalah jumlah selisih gol.

Situasi itu membuat PSG dan Benfica tak lagi terkejar oleh Juventus dan Maccabi Haifa yang masing-masing baru mengoleksi tiga poin dari lima laga.

Matchday keenam atau pamungkas bakal jadi penentuan siapa yang berhak lolos sebagai pemuncak klasemen Grup H. PSG bakal melawan Juventus di laga terakhirnya, sementara Benfica bertandang ke markas Maccabi Haifa.

(Suara.com/Arief Apriadi)

BACA SELANJUTNYA

Ulang Tahun ke-60, Jose Mourinho Pernah Senggol Timnas Indonesia: Pemainnya Tak Punya Potensi Spesial