Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin. (Instagram/luqmansham_10)

Bolatimes.com - Striker muda Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin akhirnya menjalani debut bersama tim kasta tertinggi Liga Belgia bersama KV Kortrijk. Ia hanya tampil selama sekitar dua menit.

Luqman Hakim lahir di Kota Bharu, Malaysia, pada 5 Maret 2002. Ia mengawali karier sepak bolanya di National Football Development Programme of Malaysia pada 2014-2015.

Setelahnya, ia bersekolah sepak bola di Mokhtar Dahari Academy. Di sana, ia menimba ilmu sepak bola selama 4 tahun.

Baca Juga:
Daftar Lengkap Juara Piala AFC, Terkini Klub Asal Oman Bernama Al-Seeb

Luqman tak sempat mencicipi atmoster sepak bola Malaysia. Ia lebih banyak tampil di Timnas Malaysia kelompok umur.

Pada 2019, saat usianya masih 17 tahun, Luqman menandatangani kontrak profesional dengan salah satu klub Belgia, KV Kortrijk. Ia menjadi pemain Malaysia pertama yang bermain di Belgia.

Perjuangannya akhirnya terbayar karena striker yang sudah berusia 20 tahun tersebut menembus skuad utama. Bahkan terbaru ia mendapatkan kepercayaan diberikan menit bermain.

Baca Juga:
Profil Al-Seeb, Tim Jawara Piala AFC 2022 yang Kalahkan Kuala Lumpur City FC di Final

Luqman Hakim tampil ketika KV Kortrijk menghadapi Westerlo dalam lanjutan Liga Belgia. Ia masuk dalam menit ke-88 menggantikan Felipe Avenatti.

Tampil cuma sebentar, Luqman Hakim tidak memberikan efek apa-apa. KV Kortrijk kalah dengan skor 0-2 dari Westerlo berkat gol Nicolas Madsen dan Nene Dorgeles.

Baca Juga:
Sebelum Tiba di Indonesia, Justin Hubner dan Ivar Jenner Kompak Unggah Foto di Pesawat

Sementara itu, Luqman Hakim sempat melempem ketika menghadapi timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 lalu. Ia mengeksekusi penalti dalam perebutan medali perunggu.

Dalam adu penalti, kiper timnas Indonesia U-23 yang bernama Ernando Ari berhasil tampil sangat apik. Ia menepis dua tendangan penalti Malaysia, termasuk Luqman Hakim Shamsudin.

Baca Juga:
Momen Sedih Raphael Varane Menangis usai Cedera di Laga Chelsea Manchester United, Absen di Piala Dunia 2022?

Load More