Gagah Radhitya Widiaseno
pemain Thailand mencoba merebut bola dari pemain Oman di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 (The-afc.com)

Bolatimes.com - Media Thailand menuduh AFC telah berlaku curang. Hal ini imbas dari skuad Gajah Putih Muda yang gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Timnas Thailand U-19 gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 lantaran tak masuk dalam runner-up terbaik. Skuad asuhan Salvador Valero Garcia gugur karena kalah perhitungan poin dengan Irak dan Suriah.

Memang dari segi perolehan poin, Thailand memiliki nilai yang sama dengan Irak dan Suriah. Tak cuma poin sama, tetapi selisih dan jumlah gol juga sama persis.

Baca Juga:
3 Alasan Chelsea Mampu Permalukan Manchester United di Liga Inggris

Tetapi penentuan ada di aturan poin kedisiplinan untuk mendapatkan dua tiket lolos. Dan ternyata Thailand kalah dengan dua negara tersebut.

Dalam perhitungan tersebut, Thailand kalah dengan perolehan -10 dengan catatan tujuh kartu kuning dan tiga kartu merah. Sementara dua lawannya meraih Irak (-5 poin) dan Suriah (-8 poin).

Media Thailand, Siamsport.co.th menuding AFC berada di belakang kegagalan negaranya lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
PSS Sleman Menang 4-2 di Laga Uji Coba, Seto Soroti Kesalahan Individu Pemain

Thailand terancam gagal lolos Piala Asia U-20 2023. (Wikipedia)

Mereka menyebut kalau AFC tidak adil karena pelaksanaan pertandingan di gelaran Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 tidak serentak. Hal ini menjadi sebab kegagalan Timnas Thailand U-19 untuk lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Seperti yang diketahui, jadwal asli Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar pada 10-18 September 2022.

Untuk gelaran di Grup H sendiri awalnya digelar di Irak. Namun, karena ancaman keamanan di Irak, Australia pun mengundurkan diri.

Baca Juga:
Prediksi Media Vietnam Tentang Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri Cocok Gantikan Shin Tae-yong

AFC pun kemudian menggeser venue ke Kuwait dan alhasil Australia kembali ikut berpartisipasi. Ditambah India status keanggotannya dipulihkan oleh FIFA juga otomatis ikut bergabung.

AFC memutuskan pertandingan Grup H digelar sebulan kemudian pada 14-18 Oktober 2022 yang ada Australia, Irak, Kuwait, dan India.

"Banyak pertanyaan muncul tentang pertandingan Grup H dengan tim seperti Australia, Irak, Kuwait dan India, setelah kompetisi tertunda lebih dari 9 grup sebelumnya," tulis Siam Sports.

"Yang banyak pihak melihat itu akan menjadi keuntungan dan kerugian bagi tim yang bersaing di kompetisi kalender asli yang akan bertanding antara 10-18 September 2022."

"Namun pertandingan grup H harus dimainkan lebih lambat dari grup lain karena banyak masalah bagi tim yang dipertandingkan, jadi jadwal diundur ke tanggal 14-18 Oktober 2022," lanjutnya.

Load More