Irwan Febri Rialdi
Timnas Argentina juara Finalissima 2022 usai mengalahkan Italia 3-0. (AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah kontestan Piala Dunia 2022 tampaknya masih akan menggunakan nama-nama pemain senior karena rata-rata usia skuadnya terhitung tua.

Setidaknya, ada lima negara yang menjadi peserta Piala Dunia 2022 yang memiliki rata-rata usia skuad di atas 27 tahun. Hal ini tak terlepas dari usia beberapa pemain yang usianya telah melebihi angka 30 tahun.

Meskipun demikian, pemain-pemain tua ini tetap memiliki kualitas. Mereka juga mampu bersaing di level tertinggi meski telah berkepala tiga. Pengalaman pemain-pemain ini tentu bakal berguna bagi negaranya di Piala Dunia 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima negara yang memiliki komposisi rata-rata usia skuad tertua di Piala Dunia 2022.

1. Brasil

Meskipun tak pernah kehabisan pemain-pemain muda berbakat yang menjadi bintang di kompetisi elite Eropa, timnas Brasil memang masih tetap mengandalkan pemain senior.

Sebab, jika merujuk pada usia pemainnya, rata-ratanya mencapai 27,2 tahun. Ini membuat Brasil jadi salah satu kontestan dengan skuad tertua di Piala Dunia 2022.

Beberapa nama pemain senior yang masih diandalkan ialah Thiago Silva (38), Casemiro (30), Neymar (30), hingga Roberto Firmino (30).

2. Portugal

Posisi keempat dalam daftar rata-rata skuad tertua di ajang Piala Dunia 2022 ialah timnas Portugal. Sejauh ini, rata-rata usianya mencapai 27,3 tahun.

Sejumlah nama pemain senior memang masih menjadi senjata utama tim ini. Yang utama, ada nama sang kapten, Cristiano Ronaldo, yang usianya telah menginjak 37 tahun.

Selain itu, ada pula Rui Patricio (34), Mario Rui (31), William Carvalho (30), Danilo Pereira (31), Joao Cancelo (28), Bruno Fernandes (28), hingga bernardo Silva (28).a

3. Belgia

Belgia menduduki urutan ketiga dalam daftar rata-rata pemain tertua di Piala Dunia 2022 mendatang. Sebab, rata-rata usia skuadnya mencapai 27,4 tahun.

Mereka akan menjadi negara yang diunggulkan di Grup F ketika bersaing dengan Kanada, Kroasia, dan Maroko. Oleh karena itu, pemain berpengalaman mutlak diperlukan.

Belgia diprediksi masih mengandalkan Toby Alderweireld (33), Jan Vertonghen (35), Axel Witsel (33), Dries Mertens (35), Eden Hazard (31), dan Kevin De Bruyne (31).

4. Australia

Jika merujuk pada komposisi skuadnya saat ini, timnas Australia nantinya bakal menjadi kontestan yang memiliki rata-rata usia pemain tertua kedua di ajang Piala Dunia 2022.

Pasalnya, dari daftar pemain timnas Australia menurut catatan Transfermarkt, rata-rata usia tim asal Negeri Kangguru ini mencapai 27,6. 

Hal ini tak terlepas dari munculnya sejumlah pemain berusia di atas 30 tahun seperti Mitchell Langerak (34), Andrew Redmayne (33), hingga Aaron Mooy (32).

5. Argentina

Timnas Argentina muncul sebagai kontestan yang paling banyak mengandalkan pemain-pemain senior pada Piala Dunia 2022. Hal itu terlihat dari catatan rata-rata usia pemainnya yang mencapai 27,7.

Pasalnya, sejumlah nama pemain senior di skuad Argentina memang masih bisa diandalkan. Terutama sosok Lionel Messi yang kini usianya telah menginjak 35 tahun.

Selain itu, masih ada Angel di Maria (34), Papu Gomez (34), Franco Armani (36), dan Nicolas Otamendi (34). Namun, nama ini memang masih mampu mencapai performa optimal.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More