Irwan Febri Rialdi
Shunsuke Nakamura saat masih berseragam berseragam Espanyol. (A. Arrizurieta / AFP)

Bolatimes.com - Perjalanan panjang Shunsuke Nakamura sebagai pesepak bola profesional akhirnya akan segera berakhir. Eks pemain Timnas Jepang itu bakal pensiun di akhir musim 2022.

Dengan begini, Nakamura artinya akan gantung sepatu di usianya ke-44 tahun. Tentu ini bukan waktu yang singkat bagi seorang pemain bisa bertahan sekian lama sebagai pesepak bola profesional.

Usia dan cedera menjadi faktor besar yang akhirnya membuat Nakamura memutuskan untuk berhenti. Meski begitu, Nakamura telah masuk ke dalam daftar pesepak bola hebat Jepang dan Asia.

Berikut ulasan profil dari Shunsuke Nakamura yang dikenal dengan tendangan bebas mematikannya itu!

Profil Shunsuke Nakamura

Nakamura merupakan sosok kelahiran Yokohama, Kanagawa, Jepang pada 24 Juni 1978. Dia merupakan produk asli akademi Yokohama F. Marinos.

Klub profesional pertama Nakamura pun dimulai dengan membela Yokohama pada 1997. Sejak musim pertamanya, Nakamura langsung menjelma sebagai gelandang serang menjanjikan.

Pada periode pertamanya membela Yokohama F. Marinos, Nakamura mencatatkan 178 penampilan dengan 38 gol. Nakamura lalu pindah ke Reggina pada musim panas 2002 dan menghabiskan tiga musim di Liga Italia sebelum hengkang ke raksasa Skotlandia, Celtic.

Bersama Celtic, ia menjadi pemain favorit penggemar dan bersinar di Liga Champions selama masa empat tahunnya pengabdiannya. 

Salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika ia mencetak dua tendangan bebas di babak penyisihan grup Liga Champions melawan Manchester United pada 2006, satu di Old Trafford dan satu lagi di Celtic Park.

Lepas dari Celtic, Nakamura bergabung dengan Espanyol di Liga Spanyol. Cuma satu musim di sana, Nakamura pulang ke Jepang untuk membela Yokohama F. Marinos.

Setelah melewati 7 musim di periode keduanya dengan Yokohama F. Marinos, Shunsuke Nakamura pindah ke Jubilo Iwata selama 2 setengah musim.

Klub terakhir yang dibela oleh Nakamura adalah Yokohama FC yang kini bermain di J2 League. Dia membela klub ini sejak 2019.

Secara prestasi, Shunsuke Nakamura terbilang cukup sukses. Dia pernah meraih gelar Liga Skotlandia, Piala Skotlandia, Piala Liga Skotlandia, Piala J League, Piala Kaisar, dan menjadi MVP J League sebanyak 2 kali.

Di level tim nasional, Shunsuke Nakamura merupakan bagian Timnas Jepang yang menjuarai Piala Asia 2000 dan 2004 serta mentas di Piala Dunia 2006 dan 2010.

Total Shunsuke Nakamura mencatatkan 98 penampilan buat Timnas Jepang dan membukukan 24 gol.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More