Rauhanda Riyantama
Bintang Barcelona, Lionel Messi membuat rekor setelah meraih trofi Ballon d'Or untuk keenam kalinya pada 2019 di Chatelet Theatre, Paris. (FRANCK FIFE / AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain yang paling banyak memenangkan Ballon d’Or, di mana nama Lionel Messi masih berada di posisi teratas daftar ini.

Belum lama ini, jagat sepak bola disibukkan dengan penganugerahan penghargaan pemain terbaik dunia, yakni Ballon d’Or.

Penghargaan yang digelar oleh France Football ini diselenggarakan di Prancis, tepatnya di Theatre du Chatelet.

Baca Juga:
Erick Thohir Ungkap Jadwal MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika

Untuk edisi 2022 ini, nama Karim Benzema terpilih sebagai peraih Ballon d’Or karena kiprah menterengnya di level klub dan tim nasional.

Di level klub, Benzema mampu membawa Real Madrid meraih titel Liga Champions dan Liga Spanyol serta mencetak 44 gol dan 15 assist dari 46 penampilan sepanjang 2021/2022.

Sedangkan di level tim nasional, Benzema mampu memberikan gelar pertamanya untuk Prancis kala menjuarai UEFA Nations League 2021.

Baca Juga:
Link Live Streaming Denmark Open 2022 Hari Ini: 7 Wakil Indonesia Berjuang Raih Tiket Perempatfinal

Kiprah apiknya itu membuat Benzema mendapat suara lebih banyak dari para pesaingnya seperti Sadio Mane (Senegal) dan Kevin De Bruyne (Belgia) yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Gelar Ballon d’Or 2022 ini pun menjadi gelar perdana bagi Benzema. Sebelumnya, ia belum pernah meraih penghargaan bergengsi ini.

Berbicara soal gelar Ballon d’Or, banyak pemain maupun legenda yang pernah menggondol penghargaan bergengsi ini.

Baca Juga:
Manchester United Libas Tottenham, Antonio Conte Klaim Setan Merah Pantas Menang

Namun, siapakah pemain yang bisa meraih penghargaan ini berkali-kali? Ternyata hanya ada beberapa pemain saja yang bisa melakukannya.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Lionel Messi

Baca Juga:
Rumor Vietnam Bidik Pelatih Eropa untuk Gantikan Park Hang-seo, Bukan Shin Tae-yong

Penyerang Paris Saint-Germain asal Argentina Lionel Messi berpose setelah dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada acara penghargaan Ballon d'Or France Football 2021 di Theater du Chatelet di Paris pada 29 November 2021. (FRANCK FIFE / AFP)

Lionel Messi menjadi pemain yang paling banyak meraih gelar Ballon d’Or. Tercatat, pemain berjuluk La Pulga ini telah meraih gelar ini sebanyak tujuh kali.

Hebatnya lagi, Messi pernah meraih gelar ini empat edisi berturut-turut, yakni pada 2009, 2010, 2011, dan 2012. Selain itu, ia juga menjadi Runner Up gelar ini sebanyak lima kali.

2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo berfoto bersama lima trofi Ballon d'Or miliknya (AFP)

Rival abadi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, juga menjadi salah satu pemain yang bisa meraih gelar Ballon d’Or berulang kali. Tercatat, CR7 meraih gelar ini sebanyak lima kali.

Cristiano Ronaldo pernah meraih Ballon d’Or di edisi 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Ia pun juga kerap menjadi Runner Up gelar ini dengan torehan enam kali.

3. Michel Platini

Michel Platini (@skysport/Galih)

Michel Platini merupakan legenda sepak bola Prancis. Ia menjadi pemain pertama yang bisa meraih tiga gelar Ballon d’Or secara berturut-turut.

Platini mampu meraih tiga gelar Ballon d’Or itu masing-masing pada tahun 1983, 1984, dan 1985. Rekor ini pun bertahan lama sebelum dipecahkan oleh Messi.

4. Johan Cruyff

Johan Cruyff semasa membela Timnas Belanda. (STF/AFP).

Sama dengan Michel Platini, legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, juga mampu meraih gelar Ballon d’Or sebanyak tiga kali.

Namun, Johan Cruyff meraihnya dalam rentang waktu yang berbeda, yakni pada tahun 1971, lalu 1973, dan terakhir 1974.

5. Marco van Basten

Marco van Basten saat raih Ballon d'Or 1988. (Twitter)

Kompatriot dan junior Johan Cruyff, Marco van Basten, juga menjadi salah satu pemain yang bisa memenangi Ballon d’Or sebanyak tiga kali.

Eks penyerang legendaris AC Milan ini mampu meraih penghargaan tersebut di akhir tahun 80 an dan awal 90 an, yakni pada tahun 1988, 1989, dan tahun 1992.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More