Irwan Febri Rialdi
Pemain Inter Milan, Radja Nainggolan merayakan gol ke gawang Bologna di Stadion Renato Dall'Ara (1/9/2018) (AFP)

Bolatimes.com - Perilaku para pesepak bola bintang dunia memang tak pernah lepas dari sorot kamera. Bahkan, mereka juga pernah tertangkap sedang merokok oleh kamera media.

Tentu saja, merokok merupakan salah satu aktivitas yang menjadi perhatian khusus bagi olahragawan, termasuk atlet sepak bola. Namun, tetap saja ada sederet pesepak bola bintang yang memiliki kegemaran menghisap tembakau.

Hal ini memang akhirnya menjadi kontroversi tersendiri terlepas prestasi mentereng yang sudah berhasil dicapai oleh para pesepak bola bintang tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar nama pesepak bola top dunia yang memiliki hobi merokok.

1. Wayne Rooney

Mantan penyerang Manchester United, Wayne Rooney (Oli Scarff/AFP)

Mantan penyerang legendaris Manchester United dan timnas Inggris, Wayne Rooney, juga pernah tertangkap kamera sedang menikmati rokok ketika masih aktif bermain.

Kabarnya, kebiasaan salah satu pemain fenomenal dari Negeri Ratu Elizabeth itu memang sering melakukannya saat tidak beraktivitas di dunia sepak bola. 

Biasanya, mantan kapten Manchester United ini menghisap tembakau ketika mendapatkan jatah libur latihan atau pada malam hari.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane saat raih Ballon d'Or 1998. (Twitter)

Legenda timnas Prancis dan Real Madrid, Zinedine Zidane, ternyata juga dikenal memiliki kebiasaan merokok ketika masih aktif sebagai pesepak bola.

Peraih penghargaan Ballon d’Or pada 1998 ini juga pernah tertangkap kamera sedang merokok. Namun, nyatanya kebiasaan itu tak membuatnya gagal jadi pemain legendaris.

Sebab, Zidane tetap berhasil menjaga performanya di level puncak sehingga mampu meraih prestasi mentereng, baik di level klub maupun tim nasional.

3. Zlatan Ibrahimovic

Momen Zlatan Ibrahimovic isap cerutu di perayaan gelar juara Liga Italia bersama AC Milan. (Twitter)

Tak bisa dimungkiri, Zlatan Ibrahimovic menjadi salah satu pemain bengal yang kerap menciptakan aksi-aksi kontroversial, baik di dalam maupun luar lapangan.

Salah satu aksinya ialah tertangkap basah awak media tengah merokok ketiak merayakan gelar juara Serie A bersama AC Milan. Namun, nyatanya ia tetap tak malu-malu untuk merokok di hadapan fans.

Terlepas dari kontroversi itu, Ibrahimovic memang menjadi salah satu striker legendaris. Bahkan, dia masih aktif bermain di klub elite ketika usianya sudah menginjak 41 tahun.

4. Gianluigi Buffon

Kiper Paris Saint Germain, Gianluigi Buffon (AFP)

Sebagai seorang penjaga gawang, Gianluigi Buffon memang tak membutuhkan tingkat stamina yang tinggi dibandingkan pemain di posisi lainnya.

Akan tetapi, hal itu tak lantas membuatnya boleh merokok. Kiper legendaris asal italia ini pernah kedapatan merokok di pantai saat menikmati liburan.

Salah satu mantan rekan setimnya, Nicklas Bendtner, juga pernah mengakui bahwa mantan kiper Juventus itu memang sering merokok di ruang ganti pemain.

5. Radja Nainggolan

Pemain Inter, Radja Nainggolan (AFP)

Pesepak bola keturunan Indonesia, Radja Nainggolan, menggemparkan dunia setelah ketahuan merokok di bangku cadangan pada laga lanjutan Liga Belgia.

Bahkan, sebuah foto yang menggambarkan Radja Nainggolan yang mengepulkan asap itu juga menjadi perbincangan di media sosial. Momen itu tertangkap saat para pemain Standard Liege dan Royal Antwerp tengah menjalani sesi pemanasan.

Sebab, akibat tindakannya itu, Royal Antwerp memberikan sanksi yang tegas. Nainggolan dicoret dari tim utama dalam batas waktu yang tidak ditentukan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More