Rauhanda Riyantama
Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Berikut klasemen akhir Runner Up grup terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Thailand harus gagal melangkah ke putaran final ajang tersebut.

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah berakhir seiring rampungnya babak kualifikasi dari grup H yang berisikan empat negara, yakni Australia, Irak, India, dan Kuwait.

Berbeda dengan 9 grup lainnya yang melakoni kualifikasi pada September lalu, grup H sendiri baru memulai kualifikasi di bulan Oktober ini.

Baca Juga:
Masuk Pot 3 Piala Asia U-20 2023, Vietnam Ketar-ketir Jumpa Tim Kuat

Pasalnya, beberapa negara dari grup H sebelumnya tak bisa melakoni kualifikasi tepat waktu dikarenakan adanya larangan dari pemerintah maupun larangan dari FIFA.

Kini, keempat tim grup H yakni Australia, Irak, India, dan Kuwait pun telah melakoni babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sejak 14-18 Oktober 2022.

Australia yang diprediksi akan lolos mudah pun berhasil mengunci tiket ke putaran final usai menjadi juara grup H dengan menyapu bersih laga dengan kemenangan.

Baca Juga:
Media Vietnam Iri Timnas Indonesia U-19 Masuk Pot 2 di Piala Asia U-20 2023

Sedangkan Irak mampu menempati peringkat kedua atau Runner Up grup H usai mengantongi dua kemenangan dan satu kekalahan dari tiga laga.

Australia dan Irak kemudian diikuti oleh India di peringkat ketiga dengan satu kemenangan dan Kuwait di peringkat keempat yang tak meraih satu poin pun.

Berkat hasil ini, Irak yang jadi Runner Up grup H pun berhak melaju ke putaran final usai menjadi salah satu Runner Up grup terbaik.

Baca Juga:
Terciduk Merokok di Bangku Cadangan, Pemain Berdarah Indonesia Radja Nainggolan Dihukum Berat

Keberhasilan Irak lolos sebagai Runner Up grup terbaik pun menjadi pukulan telak bagi Thailand. Sebab, tim Gajah Perang harus gagal ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Kegagalan Thailand ini dikarenakan Irak berhasil merangsek ke posisi keempat klasemen Runner Up grup terbaik.

Thailand yang sebelumnya ada di peringkat kelima pun harus turun ke posisi keenam dan gagal melangkah ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Dari Stadion hingga Nasib Piala Dunia U-20, Ini Rangkuman Hasil Pertemuan Presiden FIFA dengan Jokowi

Sebagai informasi, di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini hanya lima Runner Up grup terbaik saja yang akan lolos. Kelima Runner Up terbaik ini akan diambil dari klasemen.

Sejatinya, Irak, Syria, dan Thailand memiliki jumlah poin yang sama sebagai Runner Up grup, yakni enam poin dan selisih gol yang sama persis, yakni plus tiga gol.

Hanya saja, Irak dan Syria mampu mengungguli Thailand dalam hal poin kedisiplinan, di mana Irak hanya memiliki minus lima poin, Syria dengan minus delapan poin, dan Thailand memiliki minus 10 poin.

Berikut klasemen Runner Up grup terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

1. Vietnam (6 poin, plus 7 gol)
2. Kirgizstan (6 poin, plus 7 gol)
3. China (6 poin, plus 6 gol)
4. Irak (6 poin, plus 3 gol) (poin kedisiplinan: minus 5)
5. Syria (6 poin, plus 3 gol) (poin kedisiplinan: minus 8)
6. Thailand (6 poin, plus 3 gol) (poin kedisiplinan: minus 10)
7. Lebanon (6 poin, plus 2 gol)
8. Yaman (4 poin, 0 gol)
9. Mongolia (4 poin, minus 1 gol)
10. Bahrain (4 poin, minus 1 gol)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More