Irwan Febri Rialdi
Kapten Hong Kong U-19, Tong Qiao-Zhe George, saat uji coba melawan Thailand. (Facebook/Changsuek)

Bolatimes.com - Media Thailand geram dengan kegagalan tim nasionalnya lolos ke babak putaran final Piala Asia U-20 2023. Mereka menyalahkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Timnas Thailand U-19 gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 lewat jalur runner up terbaik hingga menjadi bulan-bulanan media Vietnam.

Nasib Thailand ditentukan lewat laga terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 antara Australia dan Irak, Selasa (18/10/2022). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0.

Kedua tim dipastikan lolos setelah keluar sebagai juara dan runner up Grup H, namun menjadi pil pahit bagi Thailand.

Thailand sejatinya punya kesempatan melaju ke babak berikutnya melalui jalur lima runner up terbaik. Tapi Tim Gajah Putih berdasarkan hasil klasemen akhir.

Thailand dijegal Irak meski memiliki poin (6), jumlah gol (6) dan selisih gol (+3) yang sama karena kalah dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah),

Alhasil, Thailand dinyatakan gugur setelah finis di urutan keenam runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. 

Media Thailand, Siamsport, kegagalan tim nasional mereka tidak lepas dari AFC yang menunda pertandingan Grup H yang diisi oleh Australia, Irak, Kuwait, dan India, dibandingkan grup lainnya.

Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar pada 10-18 September 2022. Namun, khusus Grup H, pertandingan mereka diundur menjadi 14-18 Oktober 2022.

Perbedaan itu dianggap merugikan bagi Timnas Thailand U-19 oleh Siamsport.

Terlepas dari itu, publik Indonesia cukup semringah dengan kegagalan Thailand. Tak sedikit yang menganggap ini karma atas perbuatan mereka di Piala AFF U-19 2022.

Load More