Arif Budi Setyanto
Potret aksi pemain Laos U-19 saat kalahkan Thailand U-19 2-0 di semifinal Piala AFF U-19 2022. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Thailand dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023. Pasalnya tim muda War Elephant ini menempati nomor keenam dalam klasemen runner up terbaik.

Kepastian Thailand tidak lolos usai Australia berhasil menang tipis lawan Irak dengan skor 1-0. Berkat kemenangan tersebut, tim junior Negeri Kanguru menjadi juara Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sedangkan Irak yang kalah berada di posisi kedua. Namun, mereka berhasil lolos dengan status runner up terbaik.

Baca Juga:
Tanggapan Indra Sjafri soal Kemungkinan Latih Timnas U-23 di SEA Games 2023 Gantikan STY

Sejatinya Irak yang kalah dari Australia punya poin dan selisih gol yang sama. Tidak hanya itu, ada juga Suriah yang catatannya sama persis.

Tiga negara tersebut, yaitu Irak, Suriah, dan Thailand mengoleksi enam poin serta selisih gol +3. Akan tetapi, skuad asuhan Salvador Garcia berada di ururtan keenam runner up terbaik, padahal hanya ada lima tim berhak lolos.

Menyadur dari laporan Siam Sport pada Rabu (19/10/2022), kegagalan Thailand ini gara-gara poin fairplay. Penentuan ini diambil karena poin serta selisih gol ketiga tim.

Baca Juga:
Bikin Gol dan Assist, Egy Maulana Vikri Antar FC ViOn Zlate Lolos ke 16 Besar Piala Slovakia

Dihitung dari poin fair play yang merujuk ke kartu kuning, dan kartu merah, Thailand punya skor terburuk (-10). Sedangkan Suriah (-8) dan Ira1 (-5).

Hal itu kemudian membuat Irak duduk di tempat keempat dan disusul Suriah. Thailand akhirnya tersingkir menyakitkan karena ada di urutan keenam.

Baca Juga:
PSSI Segera Rilis 4 Pemain Keturunan yang Diproyeksikan Bela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023

Load More