Husna Rahmayunita
Momen 4 Pemain Timnas Malaysia U-19 hadang pemain Korea Selatan U-19 (the-afc.com)

Bolatimes.com - Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah usai. Deretan tim yang dipastikan gagal ke Piala Asia U-20 2023, termasuk Malaysia dan Thailand.

Total ada 28 tim negara yang harus gugur setelah gagal bersaing di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan memupuskan harapan melaju ke babak selanjutnya.

Negara terakhir yang dinyatakan gagal yakni Thailand. Tim gajah putih tersingkir dengan skema menyakitkan lewat jalur runner up terbaik.

Nasib Thailand ditentukan usai laga terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 antara Australia dan Irak, Selasa (18/10/2022). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0.

Australia dan Irak dipastikan lolos setelah keluar sebagai juara dan runner up Grup H,  berbeda nasib dengan Thailand yang berada di Grup G.

Thailand sejatinya punya kesempatan melaju ke babak berikutnya melalui jalur lima runner up terbaik. Tapi Tim Gajah Putih kalah berdasarkan hasil klasemen akhir.

Thailand dijegal Irak meski memiliki poin (6), jumlah gol (6) dan selisih gol (+3) yang sama karena kalah dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah).

Sementara itu, Malaysia sudah lebih dahulu gugur di babak kualifikasi. Malaysia yang tergabung dalam Grup E bersama Korea Selatan, Sri Lanka dan tuan rumah Mongolia finis di urutan ketiga klasemen akhir sehingga gagal mengantongi tiket ke Piala Asia U-20 2023.

Selain Thailand dan Malaysia, sejumlah tim yang diprediksi tangguh juga gagal ke Piala Asia U-20 2023. Sebut saja Uni Emirat Arab, Kuwait dan Bahrain.

Deretan 28 tim yang gagal ke Piala Asia U-20 2023 di antaranya: Myanmar, Maladewa, Bahrain, Bangladesh, Nepal, Yaman, Bhutan, Palestina, Laos, Guam, Taiwan, Turkmenistan, Kepulauan Mariana Utara, Mongolia, Malaysia, Sri Lanka, Hong Kong, Timor Leste, Thailand, Filipina, Afghanistan, India, Kuwait, Kamboja, Lebanon, Singapura, UEA, Brunei Darussalam.

Load More