Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Thailand U-19 (pssi)

Bolatimes.com - Timnas Thailand U-19 gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 lewat jalur runner up terbaik hingga menjadi bulan-bulanan media Vietnam.

Nasib Thailand ditentukan lewat laga terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 antara Australia dan Irak, Selasa (18/10/2022). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0.

Kedua tim dipastikan lolos setelah keluar sebagai juara dan runner up Grup H, namun menjadi pil pahit bagi Thailand.

Thailand sejatinya punya kesempatan melaju ke babak berikutnya melalui jalur lima runner up terbaik. Tapi Tim Gajah Putih tumbang berdasarkan hasil klasemen akhir.

Thailand dijegal Irak meski memiliki poin (6), jumlah gol (6) dan selisih gol (+3) yang sama karena kalah dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah),

Alhasil, Thailand dinyatakan gugur setelah finis di urutan keenam runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Thailand pun disebut kalah secara menyakitkan.

"Thailand tersingkir dengan menyakitkan ketika mereka lebih rendah dari lawan mereka dalam indeks fair play,"

"Dengan 10 kartu kuning, Thailand jauh di belakang Suriah (8), bahkan lebih buruk dari Irak (5), sehingga tersingkir dengan menyakitkan," tulis media Vietnam Soha.vn dikutip Rabu (19/10/2022).

Kegagalan Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dinilai kian menambah daftar panjang torehan buruk tim muda Gajah Putih.

"Kekalahan ini memberikan pukulan bagi sepak bola Thailand yang telah jatuh tajam di tim junior. Setelah Timnas U-16 gagal di Piala AFF, Timnas U-19 juga gagal ke putaran final. Ini serupa dengan kekecewaan yang dibawa tim U-23," imbuhnya.

Lebih lanjut, Soha.vn menyebut rentetan kegagalan ini menjadi alarm bahaya bagi sepak bola Thailand.

"Ini kedua kalinya Thailand gagal ke Piala Asia U-20. Sepak bola Thailand mendapat alarm inkubasi," pungkasnya.

Load More