Rauhanda Riyantama
Lionel Scaloni saat memimpin skuat Argentina menghadapi Kolombia pada pertandingan pertama Grup B Copa America 2019. (JUAN MABROMATA / AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar hadirkan beberapa mantan pemain top yang kini menjelma sebagai pelatih, sosok-sosok yang patut dinanti prestasinya di ajang ini.

Waktu berlalu membuat para mantan pemain ini menjelma sebagai seorang yang ahli dalam meracik strategi dalam sebuah pertandingan.

Apalagi ajang yang diikuti sekelas Piala Dunia, tahun ini turnamen bergengsi empat tahunan itu bakal digelar di Qatar.

Baca Juga:
Alasan PSSI Tak Ikut dalam Pertemuan Jokowi dan Presiden FIFA di Istana

Tentu menarik jika mengikuti siapa saja eks pemain bintang yang kini menjadi pelatih, menukangi tim di Piala Dunia 2022 Qatar.

Lantas siapa saja mereka? berikut deretan mantan pemain yang kini beralih sebagai pelatih tim nasional untuk Piala Dunia 2022.

1. Gareth Southgate

Baca Juga:
Timnas Belanda U-19 Kabarnya Jadi Lawan Timnas Indonesia U-19, Justin Hubner Pilih Bela Mana?

Gareth Southgate/Instagram

Southgate kini menukangi timnas Inggris termasuk untuk Piala Dunia 2022 Qatar, sosok yang sebelumnya bermain sebagai pemain yang mengisi pos bek tengah.

Tak hanya kondang di level tim nasional, Southgate juga andalan beberapa klub Liga Inggris, seperti Aston Villa, Crystal Palace hingga Middlesbrough.

2. Lionel Scaloni

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-19 di Turki, Netizen Soroti Rumput Lapangan yang Mulus

Lionel Messi dan Lionel Scaloni (Twitter)

Timnas Argentina menjelma sebagai tim tangguh setelah rentetan gonta-ganti pelatih, di bawah tangan dingin Lionel Scaloni, Tim Tango kembali disegani.

Hal itu terbukti dengan gelar juara Copa Amerika, kepiawaian Scaloni tak lepas dari pengalaman bermainnya sebagai pemain yang kondang di Liga Spanyol bersama Deportivo.

3. Rigobert Song

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023 Tetap Digelar di Indonesia, Presiden FIFA Soroti Sejumlah Hal

Rigobert Song saat masih memperkuat Timnas Kamerun. (Carl De Souza/AFP)

Eks pemain Liverpool, Rigobert Song merupakan sosok di balik kesuksesan timnas Kamerun melangkah hingga ke putaran final Piala Dunia 2022.

Potensinya sudah terlihat sejak masih aktif sebagai pemain, sukses memberi Kamerun dua gelar Piala Afrika dengan catatan 137 caps.

4. Aliou Cisse

Selebrasi Aliou Cisse saat antar Timnas Senegal juara Piala Afrika 2021. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Moncernya timnas Senegal saat ini tak lepas dari kecerdikan Aliou Cisse dalam meracik taktik bermain, hal itu tak heran.

Mengingat kiprahnya sebagai pemain dulunya, sejumlah klub kondang pernah diperkuatnya termasuk Paris Saint-Germain (PSG).

Kontributor: Eko
Load More