Husna Rahmayunita
Sadio Mane sabet gelar Socrates Award dalam upacara penghargaan Ballon d'Or France Football 2022. (AFP/Alain JOCARD)

Bolatimes.com - Penyerang Bayern Munich Sadio Mane menyabet gelar Socrates Award dalam ajang Ballon d'Or 2022. Penghargaan itu didapat Sadio Mane karena hobi sedekah.

Pada malam gama Ballon d'Or yang berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris pada Selasa (18/10/2022) dini hari WIB, diumumkan pemenang trofi sejumlah nominasi.

Tak hanya pemain terbaik putra dan putri, tapi juga ada sejumlah penghargaan lain di Ballon d'Or 2022. Salah satunya Socrates Award yang dimenangkan oleh Sadio Mane.

Penghargaan Socrates Award untuk kali pertama ada dalam ajang Ballon d'Or 2022.

Lantas apa itu Socrates Award?

Mengutip Suara.com, Socrates Award ialah penghargaan untuk pesepak bola yang dinilai berperan penting dalam kemanusiaan, mempromosikan perlindungan lingkungan atau membantu kelompok kurang beruntung, terancam dan korban konflik.

Sadio Mane mendapatkan penghargaan itu karena aksi sosialnya di negara asalnya, Senegal. Dia menyisihkan sebagian gajinya untuk membangun rumah sakit dan sekolah di kampung halamannya.

Penghargaan itu diberikan oleh Rai, mantan pemain Timnas Brasil dan Paris Saint-Germain kepada Sadio Mane saat malam gala Ballon d'Or 2022.

Rai merupakan adik laki-laki dari Socrates, gelandang Timnas Brasil yang punya gelar medis dan kerap terlibat aksi sosial.

Adapun daftar lengkap peraih penghargaan di malam gala Ballon d'Or 2022 sebagai berikut:

Ballon d'Or 2022 Putra: Karim Benzema (Prancis/Real Madrid)
Ballon d'Or 2022 Putri: Alexia Putellas (Spanyol/Barcelona Femeni)
Kopa Trophy: Gavi (Spanyol/Barcelona)
Socrates Prize: Sadio Mane (Senegal/Bayern Munich)
Gerd Muller Trophy: Robert Lewandowski (Polandia/Barcelona)
Yachine Trophy: Thibaut Courtois (Belgia/Real Madrid)
Klub Terbaik 2022: Manchester City

(Suara.com/Arief Apriadi)

Load More