Gagah Radhitya Widiaseno
Shin Tae-yong bersama Gong Oh-kyun. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Vietnam dipastikan akan berpisah dengan pelatih Park Hang-seo tahun depan. Pelatih berusia 64 tahun itu baru saja memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya.

Piala AFF 2022 bakal menjadi ajang terakhir Park sebelum memutuskan pisah dari Vietnam. Park juga sudah berdiskusi dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

"Tuan Park Hang-seo telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak antara kedua pihak pada 31 Januari 2023," tulis VFF.

Baca Juga:
Media Vietnam Girang usai Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

"Keputusan ini dibarengi dengan turnamen final Coach Park Hang Seo sebagai pelatih kepala Vietnam adalah AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 bulan Desember," lanjutnya.

Vietnam pun mulai mencari beberapa calon pengganti Park di tahun depan. Menurut laporan media Vietnam, Soha, nama eks asisten Shin Tae-yong menjadi targetnya.

Dialah Gong Oh-Kyun yang saat ini melatih Timnas Vietnam U-23. VFF meyakini kalau Gong mampu membuat Timnas Vietnam tetap perkasa meski ditinggal Park.

Baca Juga:
Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Begini Tanggapan Ketum PSSI

Apalagi secara taktik dan filosofi, Gong Oh-kyun dinilai tidak terlalu berbeda jauh dengan Park Hang-seo.

Gong Oh-kyun sendiri memang pernah bekerja sama dengan Shin Tae-yong. Ia bekerja selama bertahun-tahun sebagai asisten pelatih tim Korea Selatan U-17, U-18, U-20 dan U-23.

Pada tahun 2020, ia bekerja sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong dan timnas Indonesia, meski pada akhirnya ia mengundurkan diri.

Baca Juga:
Manchester City Dipecundangi Liverpool, Pep Guardiola Akui The Citizen Lakukan Kesalahan

Gong kemudian menandatangani kesepakatan untuk menjadi pelatih baru Vietnam U-23 pada Februari 2022, mengambil alih tim dari pelatih Park Hang-seo setelah SEA Games 31 pada Mei.

Load More