Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Thailand U-19 (pssi)

Bolatimes.com - Timnas Thailand U-19 sebagai salah satu runnerup terbaik di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 saat ini nasibnya berada di ujung tanduk.

Pasalnya, posisi timnas Thailand U-19 di peringkat kelima alias batas bawah untuk bisa lolos dari fase Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 bisa saja digoyang oleh kontestan dari Grup H.

Sebagai informasi, Grup H saat ini menjadi satu-satunya grup yang belum memainkan semua pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena adanya penundaan.

Oleh karena itu, runner-up yang nantinya mewakili Grup H masih bisa merangsek naik untuk menggeser timnas Thailand U-19 dari peringkat kelima klasemen runner-up terbaik.

Penyelenggaraan pertandingan Grup H awalnya berlangsung di Irak. Namun, AFC memutuskan untuk memindahkan pertandingan ke negara lain.

Keputusan ini diambil lantaran situasi krisis politik yang terjadi di Irak baru-baru ini. Oleh sebab itu, AFC memutuskan untuk menggeser pertandingannya ke Kuwait.

Sampai saat ini, Irak memang menjadi salah satu ancaman terbesar bagi nasib Thailand. Sebab, dari dua pertandingan, mereka sudah berhasil meraih dua kemenangan.

Catatan selisih golnya juga mencapai +4 setelah sukses menumbangkan India dengan skor 4-2 dan menggasak tuan rumah Kuwait dengan skor 2-0.

Dengan koleksi ini, Irak sebetulnya bisa merangsek naik ke puncak klasemen akhir Grup H apabila pada laga pamungkas sukses menahan Australia dengan hasil imbang.

Menurut jadwal, duel yang akan menentukan status juara klasemen akhir dan runner-up Grup H ini akan berlangsung pada Selasa (18/10/2022).

Dengan koleksi poin ini saja, Iraq sebetulnya sudah bisa lolos karena mereka menduduki peringkat keempat klasemen runner-up terbaik Kualifikasi piala Asia U-20 2023.

Semua jajaran atas di klasemen ini mengoleksi enam poin. Yang membedakan hanyalah selisih gol antarkontestan. Sebagai informasi, Irak punya selisih gol +4.

Jumlah ini sudah lebih unggul ketimbang Suriah (+3) dan Thailand (+3). Dengan kata lain, Suriah berhak menghuni peringkat kelima, sedangkan Thailand merosot ke peringkat keenam.

Untuk memastikan satu tiket ke Piala Asia U-20 2023, Irak hanya butuh hasil imbang melawan Australia. Dengan skenario ini, mereka akan memuncaki klasemen akhir runner-up terbaik karena mengantongi tujuh poin.

Dengan demikian, Thailand menjadi salah satu pihak yang tengah harap-harap cemas akibat situasi tersebut. Sebab, mereka tentu berharap Irak kalah dari Australia agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Berikut klasemen runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

1. Vietnam (6 Poin, selisih gol +7)

2. Kirgizstan (6 Poin, selisih gol +7)

3. China (6 Poin, selisih gol +6)

4. Irak (6 Poin, selisih gol +4)

5. Suriah (6 Poin, selisih gol +3)

6. Thailand (6 Poin, selisih gol +3)

7. Lebanon (6 Poin, selisih gol +2)

8. Yaman (4 Poin, selisih gol 0)

9. Mongolia (4 Poin, selisih gol -1)

10. Bahrain (4 Poin, selisih gol -1)

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More