Arif Budi Setyanto
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Mereka mengalahkan Korea Selatan dan Indonesia yang juga maju dalam bidding sebagai host.

Sebelumnya tuan rumah Piala Asia 2023 adalah China. Namun, Negeri Tirai Bambu ini mengundurkan diri karena alasan virus Corona.

Pihak AFC kemudian membuka peluang bagi negara kontestan untuk maju sebagai tuan rumah menggantikan. Awalnya ada empat negara yang mencalonkan diri, yaitu Australia, Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar.

Baca Juga:
Posting Perayaan Johor Darul Tazim Jadi Juara Liga Malaysia, Jordi Amat Kena Sindir Netizen Indonesia

Ketika proses berjalan, Australia lantas mengundurkan diri, sehingga hanya ada tiga calon tuan rumah Piala Asia 2023. Pada akhirnya AFC menunjuk Qatar yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

"Komite eksekutif AFC hari ini telah mengkonfirmasi Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) sebagai asosiasi tuan rumah Piala Asia 2023," tulis pernyataan resmi dari AFC.

Trofi Piala Asia (AFC) dalam pertandingan sepak bola final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada 1 Februari 2019. (Karim Sahib / AFP)

Piala Asia 2023 sendiri akan diikuti oleh 24 tim. Nantinya para kontestan dibagi enam grup yang masing-masing berisi empat tim.

Baca Juga:
Kocak, Laga Hull City vs Birmingham City Ditunda Gara-gara Potong Gawang yang Terlalu Besar

Dalam pembagian grup, para negara peserta dimasukkan ke dalam pot yang berbeda, tergantung ranking FIFA. Ini dia selengkapnya 24 tim peserta yang ikut di Piala Asia 2023:

Pot 1: Qatar, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi.

Pot 2: Irak, Uni Emirat Arab, Oman, China, Suriah, Vietnam.

Baca Juga:
Yoyok Sukawi Beri Komentar Mengenai Liga 1, Netizen Indonesia: Jabatannya Banyak Banget

Pot 3: Lebanon, Uzbekistan, Yordania, Bahrain, Palestina, Kirgistan.

Pot 4: India, Tajikistan, Thailand, Hon Kong, Malaysia, Indonesia.

Sebagai informasi, nantinya di Piala Asia 2023 juara dan runner up grup akan lolos ke babak penyisihan. Kemudian ada empat peringkat ketiga terbaik yang juga masuk 16 besar.

Baca Juga:
Duje Javorcic, Eks Timnas Kroasia U-19 yang Ikut Seleksi Pemain Anyar PSIS Semarang

Load More