Rauhanda Riyantama
Stadion Al-Janoub untuk Piala Dunia 2022 Qatar. (Twitter)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 sah menjadi yang termahal sepanjang sejarah ajang ini digelar. Kira-kira, berapa uang yang dikeluarkan pemerintah Qatar untuk menggelar hajat ini di negaranya?

Dalam waktu dekat, jagat sepak bola dunia akan menyambut ajang sakral di olahraga satu ini, yakni Piala Dunia 2022.

Ajang empat tahunan tersebut menjadi ajang paling sakral di dunia sepak bola menyusul gengsi serta penyelenggaraannya yang tak dihelat setiap tahun.

Baca Juga:
Tragedi Kanjuruhan, TGIPF: Pengurus PSSI Harus Tanggung Jawab

Piala Dunia dianggap sebagai ajang bergengsi karena akan mempertemukan seluruh negara di dunia untuk berkompetisi satu sama lain.

Selain itu, Piala Dunia sendiri digelar empat tahun sekali, alias penyelenggaraannya membutuhkan waktu sehingga menambah daya tarik bagi para penonton.

Berbicara mengenai waktu penyelenggaraan Piala Dunia, penyelenggaraan yang dihelat empat tahun sekali itu bukan hanya memberikan waktu bagi tim untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga:
Jadwal Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Penentuan Nasib Thailand Lolos dan Tidak

Di sisi lain, penyelenggaraan yang empat tahun sekali ini juga memberikan waktu bagi tuan rumah untuk mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur guna menghelat ajang ini.

Sejak digelar pada tahun 1930 lalu, FIFA selaku penyelenggara selalu menunjuk satu negara sebagai tuan rumah penyelenggaraan, di mana belakangan negara yang terpilih berdasarkan hasil voting.

Untuk edisi 2022 ini, FIFA bersama anggota Komite Eksekutifnya sepakat menunjuk Qatar sebagai tuan rumah pada tahun 2010 silam.

Baca Juga:
Daftar Piala Dunia Termahal dari Masa ke Masa, Terkini Qatar

Sehingga sejak ditunjuk sebagai tuan rumah itu, Qatar pun melakukan pembangunan berupa fasilitas umum dan infrastruktur untuk menggelar Piala Dunia 2022.

Dilaporkan, Qatar bahkan harus menggelontorkan dana besar untuk melakukan pembangunan fasilitas dan infrastruktur tersebut.

Kira-kira, berapa dana yang harus dikeluarkan oleh Qatar untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022 di negaranya?

Baca Juga:
Bali United Beruntung Punya Pelatih Kiper Ini, Dapat Ilmu Langsung dari Legenda Real Madrid

Menyentuh Ribuan Triliun

Dilansir dari berbagai sumber, untuk menggelar Piala Dunia 2022 di negaranya, Qatar harus mengeluarkan dana fantastis yang mencapai ribuan triliun rupiah.

Disebutkan, Qatar harus menggelontorkan dana sebesar 220 miliar dolar AS atau setara dengan Rp3 ribu triliun lebih atau tepatnya Rp3.344 triliun!

Karena besarnya dana yang digelontorkan tersebut, Qatar pun membuat Piala Dunia 2022 menjadi Piala Dunia termahal sepanjang sejarah.

Sebagai perbandingan, Rusia selaku tuan rumah Piala Dunia 2018 lalu hanya menggelontorkan dana 11,6 miliar dolar AS (Rp178 triliun).

Sedangkan Brasil selaku tuan rumah Piala Dunia 2014 hanya mengeluarkan dana sebesar 15 miliar dolar AS atau setara Rp231 triliun.

Diyakini dana hingga ribuan triliun rupiah yang dikeluarkan Qatar itu dikeluarkan untuk membangun infrastruktur dan fasilitas mewah guna Piala Dunia 2022.

Pasalnya, Qatar menjadi negara kedua di Asia yang menjadi tuan rumah setelah Jepang-Korea Selatan pada Piala Dunia 2002 lalu.

Apalagi Piala Dunia 2022 ini akan diselenggarakan di waktu yang berbeda, yakni pada November hingga Desember atau pada musim dingin agar para pemain tak merasa kepanasan di Qatar.

Karenanya, Qatar pun membangun fasilitas dan infrastruktur kelas wahid agar para ofisial, pemain, dan penonton yang datang bisa merasa nyaman dengan iklim dan suasana di negara Timur Tengah itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More