Rauhanda Riyantama
Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Berikut jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 grup H yang akan menjadi laga penentuan terkait nasib Thailand melaju ke putaran final ajang ini.

Meski mayoritas grup di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 telah usai, grup H yang berisikan Australia, Iraq, India, dan Kuwait baru akan menjalani babak kualifikasi.

Grup H yang berisikan empat negara tersebut harus menjalani babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 secara telat dikarenakan permasalahan yang menimpa beberapa tim.

Baca Juga:
Daftar Piala Dunia Termahal dari Masa ke Masa, Terkini Qatar

Sebagai informasi, semula Australia dan India dilaporkan tak bisa menjalani kualifikasi karena adanya aturan pemerintah maupun sanksi dari FIFA.

Namun setelahnya, aturan pemerintah dan sanksi FIFA itu dicabut sehingga Australia dan India bisa melakoni babak kualifikasi dengan perubahan jadwal.

Kini, grup H pun akan melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 untuk memperebutkan satu hingga dua tiket untuk melangkah ke putaran final.

Baca Juga:
Bali United Beruntung Punya Pelatih Kiper Ini, Dapat Ilmu Langsung dari Legenda Real Madrid

Bakal berlangsungnya babak kualifikasi di grup H pun menjadi ajang penentuan bagi rival Timnas Indonesia, Thailand, di Piala Asia U-20 2023.

Sebab, Thailand saat ini menjadi salah satu tim yang memegang tiket ke Piala Asia U-20 2023. Namun tim Gajah Perang belum sepenuhnya menggenggam tiket itu dengan aman.

Pasalnya, Thailand menggenggam tiket tersebut menyusul keberhasilannya menjadi salah satu dari lima Runner Up grup terbaik.

Baca Juga:
TGIPF Sebut Kematian Massal Tragedi Kanjuruhan karena Tembakan Gas Air Mata

Sayangnya, Thailand berada di peringkat kelima klasemen Runner Up grup terbaik dengan mengantongi enam poin dan plus tiga gol.

Dikarenakan grup H baru akan menjalani babak kualifikasi, maka posisi Thailand belumlah aman. Pasalnya, posisi tim Gajah Perang bisa saja tergusur.

Posisi Thailand di peringkat kelima klasemen Runner Up grup terbaik bisa saja tergusur andai salah satu dari Australia, Iraq, India, dan Kuwait mampu menjadi Runner Up grup H dengan koleksi poin di atas enam poin dan punya selisih gol lebih dari tiga gol.

Baca Juga:
Kronologi Neymar Dituduh Terlibat Kasus Korupsi, Terancam Penjara 5 Tahun

Jika di antara keempat tim tersebut tak ada yang mampu menjadi Runner Up grup dengan syarat tersebut, maka Thailand pun bisa melenggang ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Berikut jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 grup H secara lengkap.

Pertandingan Pertama:

(14/10/22) Iraq vs India
(14/10/22) Australia vs Kuwait

Pertandingan Kedua:

(16/10/22) India vs Australia
(16/10/22) Kuwait vs Iraq

Pertandingan Ketiga:

(18/10/22) Australia vs Iraq
(18/10/22) India vs Kuwait

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More