Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin merayakan gol di Piala AFF 2020. (dok.AFF Suzuki Cup)

Bolatimes.com - Bintang Timnas Thailand Chanathip Songkrasin menyorot performa pemain muda yang meredup belakangan ini. Pemain yang berjuluk Messi Thailand tersebut memberikan kritik pedas.

Timnas Thailand meraih kejayaan pada tahun lalu setelah keluar sebagai jura Piala AFF 2020. Tetapi, torehan positif itu tak diikuti oleh tim junior U-19 dan U-16.

Pada gelaran Piala AFF U-19 2022, Thailand U-19 tumbang di semifinal usai ditaklukkan oleh Laos dengan skor 0-2. Sementara Thailand U-16 juga susah payah mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Mengetahui performa juniornya yang terkesan melempem, Chanathip Songkrasin memberikan sindiran pedas. Ia menduga pemain muda sulit berdedikasi kepada negara karena tergiur uang.

"Sepak bola Thailand akhir-akhir ini sedang menurun, terutama di tim muda, mungkin karena para pemain saat ini lebih memikirkan uang daripada bagaimana menentukan dan berkontribusi pada negara," ujarnya dikutip dari Soha.vn, Jumat (14/10/2022).

Situasi tersebut, kata Chanathip Songkrasin sangat berbeda dengan zamannya dulu ketika para pemain mementingkan loyalitas.

"Saya sendiri tidak terlalu peduli dengan gaji, tapi hanya fokus memberikan yang terbaik untuk timnas, berusaha membawa pulang kemenangan. Bahkan sekarang, jika pelatih ingin saya berlatih lembur, saya selalu siap. Hanya dengan begitu saya bisa maju dan tidak takut pada lawan mana pun," sambungnya.

Pemain klub Jepang Kawasaki Frontale beranggapan seharusnya para pemain muda memiliki keinginan untuk berkembang.

"Bagaimana dengan generasi muda sekarang, mereka menikmati yang terbaik, makan secara layak,menerapkan teknologi canggih, memiliki pelatih yang baik. Mereka seharusnya bisa mencapai lebih banyak, tetapi mereka telah jatuh lebih jauh," terang pemain berusia 29 tahun itu.

"Kita perlu menganalisis alasannya dengan cermat, apakah karena motivasi sedang turun atau karena mereka lebih memikirkan uang daripada dedikasi?," tandasnya.

Load More