Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Malaysia U-16 usai berhasil mengalahkan UEA. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia U-16 berencana melakukan pemusatan latihan (TC) di luar negeri setelah berhasil menembus putaran final Piala Asia U-17 2023.

Malaysia melaju setelah mengalahkan Timnas Indonesia U-16 di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (9/10/2022). Anak asuh Osmera bin Omaro menang dengan skor 5-1.

Usai turnamen, Malaysia pun mengungkap rencana untuk persiapan menuju Piala Asia U-17 tahun depan.

Manajer tim Christopher Raj menyebut pihaknya merencanakan TC di luar negeri. Ada tiga negara yang dituju yakni Timur Tengah, Jepang dan Korea Selatan.

"Untuk persiapan Piala Asia, kami berencana mengadakan tiga pemusatan pelatihan, mudah-mudahan akan diadakan di negara-negara Timur Tengah dan juga negara-negara Asia Timur seperti Korea Selatan dan Jepang," jelas Christopher dikutip dari The Star via Makan Bola, Rabu (12/10).

Menurut Christopher, Jepang dan Korea Selatan sudah diakui ketangguhannya, sehingga bisa jadi lawan yang cocok. Skuad Malaysia U-16 diharapkannya mampu menorehkan prestasi di level tertinggi karena Piala Asia merupakan turnamen besar.

"Para pemain ini (Malaysia U-16) membutuhkan eksposur tingkat tinggi sekarang karena Piala Asia bukanlah hal yang mudah. Kita mungkin akan menghadapi negara-negara terkemuka seperti Jepang, Korea Selatan dan Iran. Kami akan memastikan perencanaan dan persiapan yang matang untuk para pemain ini," tuturnya.

Di sisi lai, ini akan menjadi penampilan keenam Malaysia di Piala Asia U-17 setelah lolos ke turnamen pada 2004, 2008, 2014, 2016 dan 2018.

Pada 2014, Malaysia nyaris lolos ke Piala Dunia setelah mencapai perempat final Piala Asia tetapi harapan mereka diruntuhkan Australia.

Load More