Gagah Radhitya Widiaseno
Pelatih tim nasional U-16 Malaysia Osmera bin Omaro memberikan keterangan kepada pewarta usai skuadnya menghadapi Myanmar pada laga Grup C Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (5/8/2022). Pertandingan itu berakhir imbang 1-1. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Pelatih Malaysia U-16, Osemra bin Omaro menyebut kalau ia menjebak Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. ia sengaja membuat anak asuhnya bermain buruk saat melawan Guam.

Malaysia sendiri berhasil lolos ke Piala Asia U-17 2023 usai menaklukkan Timnas Indonesia U-16 dengan skor telak 5-1.

Kemenangan ini membuat Malaysia kokoh di puncak klasemen grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Baca Juga:
PSSI hingga PT LIB Saling Lempar Tanggung Jawab, Ketua TGIPF: Membahayakan Dunia Persepakbolaan Kita

Osmera menyebut kalau lolosnya Malaysia ini menjadi tak diduga-duga banyak pihak. Pasalnya, skuad Harimau Malaya ini tampil tak begitu mencolok pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Yang paling menjadi sorotan ketika Malaysia hanya bermain imbang melawan Guam. Beberapa pihak menyebut kalau Malaysia akan digilas Timnas Indonesia U-16.

Ia menyebut kalau dirinya sengaja bermain imbang melawan Guam untuk menjebak Timnas Indonesia U-16 dan juga UEA.

Baca Juga:
Masuk Daftar 34 Pemain Timnas Indonesia U-19, Cahya Supriadi Masih Berlatih Bersama Persija

Osmera juga mengaku staf pelatih telah melakukan pengamatan tentang kelemahan Indonesia.

"Apa yang terjadi di Piala AFF sebelumnya tidak ada hubungannya dengan Kualifikasi Piala Asia U-17. Di AFC ini, bisa dikatakan kami sengaja tidak ingin menunjukkan kemampuan kami yang sebenarnya melawan Guam," kata Osmera, dilansir dari Bharian.com.my.

"Saya hanya bisa mengatakan bahwa kami tidak menginginkan hasil imbang, kami ingin menang 1-0, kebetulan Guam mendapat gol di penghujung pertandingan. Ada beberapa hal yang kami lakukan dan hari ini itu terjadi," tambahnya.

Baca Juga:
Tanggapan Mahfud MD Usai Jalani Pertemuan dengan PSSI, LIB, Panpel, dan Broadcaster: Kacau dan Membahayakan

Ia menyebut kalau hasil pertandingan saat melawan Guam bisa membuat Timnas Indonesia U-16 terlena.

"Mungkin tim Indonesia terjebak dengan cara kami bermain dan kami sudah lama memperhatikan tim mereka karena kami menghormati mereka sebagai tim yang bagus. Kami bekerja keras untuk mengidentifikasi (ruang) mana yang bisa kami masuki dan ternyata memberikan hasil yang bagus," pungkasnya.

Kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia U-16 ini membuat mereka berhak lolos ke Piala Asia U-17 2023. Sedangkan Timnas Indonesia U-16 dipastikan gugur dan tak berpartisipasi dalam ajang bergengsi tersebut.

Load More