Irwan Febri Rialdi
Pemain Manchester City, termasuk Erling Haaland, rayakan gol Jack Grealish ke gawang Wolverhampton di pertandingan pekan ke-8 Liga Inggris yang digelar di Molineux Stadium, Sabtu (17/9/2022). [AFP]

Bolatimes.com - Liga Champions 2022/23 sudah berjalan separuh fase penyisihan grup. Meski fase ini belum rampung, sudah ada sejumlah tim yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Seperti musim-musim sebelumnya, peta persaingan di Liga Champions mulai terbaca setelah melewati tiga pertandingan di fase grup.

Menurut rumus persaingan Liga Champions, tim-tim yang bisa mengumpulkan minimal 10-12 poin, kemungkinan besar mereka bakal lolos ke babak 16 besar.

Sama seperti musim-musim sebelumnya juga, sejumlah kejutan terjadi. Persaingan di fase grup musim ini juga cukup menarik karena ada beberapa hasil pertandingan menarik dan di luar dugaan.

Setelah sebagian matchday keempat sudah berlangsung, tim-tim favorit juara sudah mulai terlihat. Mereka berhasil menembus fase gugur lebih dulu.

Dua tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 itu adalah Real Madrid dan Manchester City.

Manchester City

Erling Haaland cetak hattrick saat Manchester City permak Manchester United 6-3 dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

The Citizens cuma mampu bermain imbang 0-0 saat berkunjung ke markas FC Copenhagen di Parken Stdium di matchday keempat, Selasa (11/10/2022).

Pep Guardiola mengistirahatkan mesin gol baru mereka, Erling Haaland, di laga ini. Mereka terbukti cukup kesulitan mencetak gol.

Meski begitu, hasil imbang ini tetap membuat Manchester City berhak memuncaki klasemen Grup G dengan perolehan 10 poin. City unggul 3 poin dari Borussia Dortmund di peringkat kedua dan 8 poin dari Sevilla serta Copenhagen.

Dengan menyisakan dua laga, perolehan poin Man City dipastikan tidak akan terkejar oleh Sevilla dan Copenhagen. City paling mungkin digeser Dortmund dan lolos ke 16 besar dengan status runner-up.

Real Madrid

Selebrasi Karim Benzema usai cetak gol saat Real Madrid hajar Celta Vigo 4-1 pada pekan kedua Liga Spanyol 2022/2023. (AFP)

Sama seperti Manchester City, Real Madrid juga cuma meraih hasil imbang di laga keempat Grup F. Bertandang ke markas Shakhtar Donetsk, Los Blancos ditahan imbang 1-1.

Shakhtar Donetsk memimpin lewat gol Oleksandr Zubkov di awal babak kedua. Namun, kemenangan tuan rumah sirna di menit-menit akhir setelah Antonio Rudiger mencetak gol penyeimbang.

Hasil ini bikin Madrid puncak di klasemen Grup F dengan 10 poin dan Shakhtar Donetsk di peringkat ketiga dengan 6 poin. Dengan keunggulan 4 poin atas RB Leipzig di peringkat kedua, Madrid dipastikan aman untuk melaju ke babak 16 besar.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More